Informasi terbaru dunia kampus, mahasiswa, beasiswa, lowongan dan karier
Tips  

Saat Libur Semester Datang, Berikut ini 5 Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan!

Sobat ngampus.org, beberapa kampus telah melaksanakan Ujian Akhir Semester dan memasuki masa liburan. Namun, pernahkan kalian merasa bosan karena tidak tahu bagaimana cara menghabiskan waktu libur semester? Agar liburan tetap menyenangkan dan tentunya membawa manfaat, ini 5 Aktivitas yang boleh dicoba untuk mengisi libur semester

1. Mencoba Kegiatan Baru

Setelah jenuh menyelesaikan Ujian Akhir Semester, salah satu aktivitas yang bisa kita lakukan untuk menyegarkan pikiran adalah dengan mencoba kegiatan baru.  Masing-masing dari kita tentu memiliki minat pada suatu hal dan tak ada salahnya jika kita mencoba kegiatan lain untuk menambah pengalaman. Untuk sobat ngampus.org yang cenderung menyukai seni, kalian bisa mencoba untuk melukis di berbagai media seperti sepatu, piring keramik, bahkan hingga melukis di barang-barang bekas yang ada di sekitar. Jika sudah terbiasa melukis dan mulai bosan, kalian juga bisa mencoba merajut pintalan benang.  Selain memberi kemampuan baru, merajut juga dapat menghasilkan barang yang bisa kita pakai di semester yang akan datang. Baju rajutan, Topi rajut menggemaskan hingga tas laptop yang lembut adalah hasil dari kegiatan merajut. Tidak tertarik pada melukis dan merajut? Sobat-sobat semua bisa mengikuti kelas tembikar atau membuat kerajinan dari resin. 

Tidak berminat pada seni? Tenang, jika sobat ngampus.org lebih tertarik pada hal-hal berbau alam, kalian bisa mencoba untuk berkebun di rumah dengan memanfaatkan pekarangan rumah dan bibit-bibit tanaman yang kini mudah dibeli melalui e-commerce. Jika minim lahan, kalian juga dapat mencoba teknik hidroponik. Selain menghijaukan lingkungan dan membuat mata segar, berkebun juga menghasilkan produk-produk yang bisa kita konsumsi. Bila ingin mencoba sesuatu yang baru dan unik, sobat-sobat sekalian bisa membuat aquascape. Belakangan ini, seni membuat ekosistem dalam media kaca sedang digemari oleh banyak orang sehingga selain indah dipandang, kegiatan ini juga bisa membuka peluang bisnis yang menjanjikan.

Selain dibidang seni dan alam, sobat ngampus.org juga dapat mengusir jenuh dengan mencoba berbagai resep masakan. Saat ini teknologi telah mengantarkan kita pada kemudahan, diluar sana ada banyak kursus memasak yang dapat diikuti secara online dan resep-resep masakan pun bisa dengan mudah kita temui di internet. Kegiatan memasak tentu saja dapat membuka kemampuan baru yang menjadikan kita semakin mahir lagi. 

Liburan semester yang terhitung cukup lama juga dapat kalian isi dengan berolahraga agar tubuh tetap sehat dan bugar. Sobat-sobat semua bisa datang ke tempat gym, mengikuti kelas yoga, ataupun berolahraga di rumah. Kebiasaan berolahraga tentunya akan membawa banyak manfaat bagi tubuh kita.

2. Mencari Pekerjaan paruh waktu

Sobat ngampus.org, pernahkah kalian mendengar kalimat “Pekerjaan paling menyenangkan di dunia adalah hobi yang dibayar”? Nah, bagi sobat ngampus.org yang sudah memiliki keahlian seperti menulis, mengajar, fotografi, mendesain, dan lain-lain, tak ada salahnya jika kalian menjajal pekerjaan paruh waktu. Selain meningkatkan pengalaman, pekerjaan paruh waktu juga dapat memberikan penghasilan. Saat ini ada berbagai pekerjaan paruh waktu yang dapat sobat kerjakan, seperti menjadi pembawa acara, fotografer, guru privat, penulis freelance, desainer grafis, bahkan hingga menjadi influencer. Pekerjaan paruh waktu dapat dilakukan secara fleksibel sehingga cocok dikerjakan untuk mengisi waktu luang. Kegiatan ini juga bisa melatih mahasiswa untuk memasuki dunia kerja. 

3. Traveling

Kegiatan yang satu ini cocok untuk sobat ngampus.org dengan jiwa petualang yang tinggi atau untuk kalian yang tidak terbiasa diam dirumah. Traveling dapat kalian lakukan seorang diri, bersama teman-teman bahkan bersama keluarga. Selain merefresh pikiran, traveling juga dapat membantu sobat sekalian untuk melihat dunia luar. Traveling bisa dilakukan lintas daerah dan juga lintas negara, hal ini tentunya akan menarik bila dilakukan saat libur semester tiba. Umumnya traveling hanya mengunjungi destinasi yang mainstream sehingga terdengar membosankan. Tetapi, perlu sobat  ngampus.org ketahui ada banyak aktivitas yang bisa kalian lakukan saat traveling seperti berjalan-jalan mengelilingi kota, mencoba tempat wisata alam, bermain di taman hiburan, mengunjungi museum sejarah, mendalami tradisi dan budaya suatu daerah, hingga mencicipi kuliner lokal. Saat traveling cobalah untuk akrab pada warga sekitar agar sobat-sobat sekalian dapat merasakan sensasi traveling yang tidak biasa.

4. Mengikuti Kegiatan Sosial

Apakah sobat ngampus.org memiliki kepribadian social butterflies? Social butterflies adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan seseorang yang aktif bersosialisasi, ramah, dan mempunyai banyak teman. Mungkin beberapa dari kalian merasa rindu berkumpul bersama organisasi kampus dan melakukan kegiatan sosial. Kalian tak perlu risau karena kegiatan ini masih dapat dilakukan di sela libur semester, karena saat ini ada beragam jenis kegiatan sosial yang bisa kalian ikuti di luar kampus. 

Kegiatan sosial tidak hanya seputar tolong-menolong, beberapa contoh kegiatan sosial yang bisa kalian ikuti, misalnya menjadi panitia konser-konser besar, mengunjungi panti asuhan, mendonorkan darah, mengabdi sebagai relawan bencana, mengadakan bakti sosial, dan membersihkan lingkungan sekitar.

Selain bermanfaat bagi sesama, kegiatan sosial juga dapat membantu sobat semua untuk membangun percaya diri, melatih kemampuan berkomunikasi, dan tentunya menambah relasi. Jika kalian aktif dalam sebuah kegiatan yang melibatkan banyak orang, tentunya relasi yang dimiliki juga turut meningkat. Hal tersebut dapat membuat sobat ngampus.org berkembang secara personal maupun profesional.

5. Belajar mempersiapkan semester baru

Untuk sobat ngampus.org yang merasa belum maksimal dalam perkuliahan, kalian dapat memanfaatkan libur semester dengan mengevaluasi semester yang telah berlalu, setelah itu kalian bisa memperdalam pengetahuan tentang materi di semester yang akan datang. Kalian dapat menghabiskan waktu di perpustakaan kampus atau perpustakaan daerah untuk menambah pemahaman dan wawasan agar semakin luas lagi. Selain mempelajari materi, sobat-sobat sekalian juga bisa juga menyiapkan peralatan kuliah yang akan membantu kalian supaya bersemangat menjalani semester baru.

Nah, itulah tadi 5 aktivitas yang dapat sobat ngampus.org lakukan ketika libur semester tiba. Bagaimana, apakah kalian tertarik mencoba salah satunya? Liburan semester akan lebih menyenangkan jika kita isi dengan kegiatan yang produktif dan bermanfaat sehingga tidak meninggalkan sifat malas di semester yang baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *