Informasi terbaru dunia kampus, mahasiswa, beasiswa, lowongan dan karier
Tips  

10 Hal Penting untuk Kamu Mahasiswa Baru Semester Pertama!  

Memulai satu semester pertama di universitas bisa menjadi satu hal yang menakutkan dan akan ada banyak pertanyaan yang muncul di kepala. Setiap universitas pasti akan selalu mencoba untuk membuat setiap mahasiswa baru merasa nyaman dan disambut di universitas. Meski begitu, selalu ada berbagai keraguan dan kekhawatiran yang muncul. 

Rasa khawatir ini adalah hal yang wajar mengingat kamu akan memulai satu hal yang besar untuk hidup kamu. Berikut ini ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terlebih dulu sebelum memulai hari pertama di bangku kuliah agar kegiatan yang kamu lakukan nantinya bisa lebih berguna dan tidak kaget: 

1. Setiap Fakultas Punya Peraturan Berbeda 

Sekolah di Indonesia mayoritas memiliki peraturan yang sama tetapi tidak lagi begitu saat sudah di bangku kuliah. Kamu akan mendapatkan beragam peraturan berbeda dari setiap universitas atau bahkan dosen yang mengajar di kelas kamu nantinya.  

Beberapa universitas membolehkan mahasiswanya menggunakan pakaian yang lebih bebas tetapi beberapa mungkin akan mewajibkan kamu menggunakan kemeja hingga seragam sendiri. Selain itu, untuk peraturan di kelas biasanya akan disampaikan setiap kali awal semester jadi persiapkan diri kamu untuk peraturan yang berbeda. 

Dosen di kelas kamu juga mungkin akan lebih santai dengan memperbolehkan makan atau minum tetapi ini tidak berlaku di kelas lainnya. Ada dosen yang memiliki peraturan lebih banyak dan tetap harus kamu taati sesuai dengan kesepakatan. 

2. Semester Pertama Mungkin Sangat Melelahkan 

Saat masuk di semester pertama, akan ada banyak hal yang berbeda dibanding pada bangku sekolah. Kamu mungkin akan mendapatkan tugas, menghadiri kelas, hingga melaksanakan praktikum untuk pertama kalinya. Tidak semua memiliki semester pertama yang mengasyikkan, kebanyakan mahasiswa akan merasa sangat berat untuk pertama kali. 

Di semester pertama, kamu mungkin akan menemukan bahwa jurusan yang kamu idamkan selama ini ternyata tidak seindah itu. Satu hal yang harus kamu pahami, semuanya akan terasa lebih mudah seiring berjalannya waktu dan kamu akan mulai terbiasa. Cobalah untuk menemukan ritme kamu sendiri di tahun pertama, hadapi saja semuanya dengan lebih santai. 

3. Jangan Skip Kelas Meski Melelahkan 

Satu hal yang harus kamu mengerti saat di semester pertama nanti yaitu jangan mencoba skip kelas meski terasa melelahkan. Meninggalkan kelas di semester pertama bisa menjadi awal yang buruk karena nanti di semester berikutnya kamu akan lebih mengentengkan hal tersebut. 

Seringkali, banyak mahasiswa terlena dengan meninggalkan kelas hingga akhirnya masa kuliah mereka menjadi lebih lama. Pikirkan juga bagaimana kamu membuang-buang uang setiap kali kamu melewatkan kelas dan lebih penting lagi, kuliah selalu menjadi kesempatan emas untuk kamu belajar. 

4. Belajar, Tidur, dan Bersenang-Senang, Pilih Dua! 

Masuk ke universitas selalu tentang tiga hal utama yaitu bagaimana tidur, belajar, dan bersenang-senang. Sejak awal, setiap kegiatan kamu akan terbagi ke dalam tiga hal tersebut dan kamu tidak akan bisa menjalankan semuanya dengan seimbang. 

Kamu sebaiknya sudah mulai harus memilih dua di antara tiga hal tersebut setiap harinya. Saat kamu memilih belajar dan tidur, bukan berarti kamu akan kehilangan kesenangan tetapi hanya perlu kamu lakukan di hari yang berbeda. Begitu pula jika kamu ingin bersenang-senang dan belajar atau sebaliknya. 

5. Bersiap sebelum Kelas Dimulai 

Perubahan berarti di tingkat universitas terletak pada jam belajar yang lebih efisien dan tidak lagi tertata seperti di bangku SMA. Kamu mungkin akan mendapatkan kelas pukul 7-9 pagi dan baru akan ada kelas lagi pukul 2-4 sore.  

Menghadiri kelas bisa jadi salah satu hal yang cukup sulit apalagi kamu sudah tidak tinggal dengan orang tua lagi. Kamu sebaiknya selalu bersiap setidaknya satu jam sebelum kelas untuk mandi, berganti pakaian, menyiapkan buku, kemudian datang ke universitas dan menghadiri kelas. Cobalah untuk mengatur waktu kamu sebaik mungkin karena ruang kelas juga kerap berpindah-pindah. 

6. Perhatikan Protokol Covid-19 di Kampus 

Saat ini, pandemi covid menyebabkan beberapa kampus masih memiliki kebijakan tersendiri untuk setiap pertemuan. Beberapa universitas masih menggunakan kelas online dan beberapa sudah melaksanakan kuliah hybrid hingga offline.  

Selalu perhatikan pengumuman terkait pelaksanaan kuliah di universitas tempat kamu kuliah. Jangan lupa untuk tetap menjaga protokol kesehatan yang berlaku, sangat penting untuk kamu menjaga kesehatan di semester pertama supaya tidak tertinggal dalam banyak hal. 

7. Baca Buku Sebanyak Mungkin 

Universitas adalah jenjang pendidikan yang mengharuskan kamu untuk banyak belajar sendiri utamanya lewat membaca buku atau jurnal. Jika kamu ingin menonjol di sisi akademik kampus, sebaiknya bacalah buku secara konsisten dalam bidang tertentu. 

Hal ini akan membuat keilmuan kamu jauh lebih dalam dan cara pandang yang lebih luas lagi. Tidak hanya buku tentang pelajaran, kamu juga bisa membaca buku self-improvement atau buku-buku trik menjadi sukses. 

8. Lakukan Riset Tentang Jurusanmu 

Di universitas, ada banyak mahasiswa yang kurang mengenal jurusan yang mereka ambil dengan baik. Akibatnya adalah banyak orang merasa salah jurusan sejak awal padahal pengetahuan mereka akan jurusan tersebut yang kurang. 

Kamu sebaiknya melakukan riset kecil-kecilan tentang jurusan ataupun kelas yang akan kamu ambil nantinya supaya tidak terlalu terkejut. Jika informasi di internet masih kurang, cobalah juga untuk berkomunikasi dengan senior di jurusan yang sama dan mintalah beberapa nasihat. 

9. Latih Kemampuan untuk Bersosial 

Bangku perguruan tinggi selalu menjadi tempat terbaik untuk melatih berbagai hal termasuk juga kemampuan bersosial. Kamu bisa melatih skill sosial kamu dengan ikut aktif menyampaikan pendapat di kegiatan kelompok, menerima pendapat, hingga bagaimana bekerja dalam tim.  

Akan ada banyak orang dengan latar belakang dan pola pikir berbeda, jadikan ini kesempatan yang bagus untuk berinteraksi serta mendapat banyak pelajaran. Ada banyak soft skill lain yang juga bisa kamu latih seperti memecahkan pendapat dan leadership yang penting untuk kamu setelah lulus nanti. 

10. Ikuti Berbagai Kegiatan Orientasi 

Hal terakhir yang bisa kamu lakukan yaitu mengikuti seluruh kegiatan orientasi yang ada dengan sepenuh hati. Kegiatan orientasi yang dimulai sebelum masuk kuliah biasanya akan sedikit berat tetapi ini selalu menjadi kesempatan menyenangkan untuk mendapat banyak hal. 

Orientasi bertujuan untuk mengenalkan kamu terhadap kehidupan di universitas nantinya jadi setiap kegiatan pasti memiliki tujuannya sendiri. Kamu bisa menemukan rekan terbaik saat orientasi ini jadi jangan malu untuk mulai berinteraksi dengan banyak orang. Selain itu, kamu juga bisa menemukan organisasi mahasiswa dengan minat yang sama denganmu di sini! 

Menjadi mahasiswa baru memang selalu mendebarkan mengingat ini adalah langkah paling awal untuk kamu menjadi seorang dewasa. Akan ada banyak hal berbeda di universitas, selalu pastikan diri kamu tidak terjerumus di hal yang salah. Jadikan kesempatan kuliah ini sebagai tempat untuk kamu mendapat lebih banyak pengalaman dan pelajaran hidup! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *