Informasi terbaru dunia kampus, mahasiswa, beasiswa, lowongan dan karier
Tips  

10 Pelatihan Gratis untuk Menambah Skill Bagi Fresh Graduate

Fresh Graduate mencari pekerjaan. (Campuspedia)

Saat ini banyak lowongan kerja yang mencari pekerja berpengalaman. Tentunya hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi fresh graduate, bukan? Namun tak usah khawatir, kamu bisa menambah skill untuk meningkatkan value di mata HR dengan cara lainnya. Salah satu cara yang bisa kamu ikuti adalah pelatihan.

Jika kamu khawatir dengan biaya pelatihan, lebih baik buang jauh-jauh rasa khawatir itu. Sebab kamu bisa mengikuti pelatihan tanpa membayar sepeserpun, loh. Bahkan pelatihan gratis yang disediakan oleh banyak pihak ini dapat memberikanmu sertifikat.

Penasaran dengan daftar pelatihannya? Yuk, simak daftar beserta penjelasan lengkapnya di bawah ini.

1. Google Digital Garage

Jika kamu tertarik dengan digital marketing, kamu bisa mendaftar pelatihan gratis di Google Digital Garage. Sesuai dengan namanya, pelatihan ini diadakan di bawah naungan Google. Selain digital marketing, ada pelatihan lainnya yang bisa kamu ikuti seperti programming, business and career development, serta data dan teknologi.

Meskipun hanya digital marketing yang dapat kamu akses secara gratis. Namun modul yang disediakan cukup lengkap, setidaknya dibutuhkan waktu lebih dari 40 jam untuk menyelesaikannya.

Modul tersebut dapat diakses kapanpun dan dimana saja. Bahkan modul ditampilkan dengan ilustrasi yang menarik. Untuk mengukur seberapa banyak kemampuan yang kamu peroleh, Google Digital Garage juga menyediakan sesi quiz di akhir setiap modul.

2. Saylor Academy

Saylor Academy merupakan organisasi non profit yang berdiri di Washington, DC. Organisasi ini menyediakan kursus gratis dengan berbagai bidang, seperti bisnis, psikologi, ilmu komputer, filsafat, pengembangan diri, pemasaran, hingga sumber daya manusia.

Kursus gratis ini dapat kamu akses tanpa biaya sepeserpun. Bahkan kursus ini menyediakan silabus pembelajaran sehingga kamu bisa memahami garis besar materi. Modul yang disediakan pun dibuat dengan menarik yakni dalam bentuk video.

Waktu kursus ini bisa mencapai 90 jam atau lebih. Setelah menyelesaikan materi kursus, kamu bisa mengikuti ujian untuk memperoleh sertifikat.

3. RevoU

Selain Google Digital Garage, kamu yang tertarik dengan digital marketing juga bisa mengikuti pelatihan di RevoU. Pelatihan ini menyediakan semua keterampilan yang dibutuhkan untuk digital marketing seperti SEO, media sosial, data analytics, dan business development.

Meskipun program lengkap selama 6 bulan dikenakan biaya, kamu tetap bisa mengikuti kelas gratisnya di 1 minggu pertama. Pelatihan ini menyediakan berbagai layanan mulai dari sesi tanya jawab, materi pembelajaran, simulasi, hingga tugas praktik.

Apabila kamu ingin mendapatkan sertifikatnya, kamu harus lulus dari ujian dengan mendapatkan nilai lebih tinggi dari passing grade-nya.

4. Digital Talent Scholarship Kominfo

Kominfo juga menyediakan program pelatihan yang dinamakan Digital Talent Scholarship. Program pelatihan gratis ini sangat cocok bagi Anda yang lebih menyukai materi dalam bentuk bahasa Indonesia.

Ada berbagai bidang pelathian yang disediakan, seperti Fresh Graduate Academy, Digital Leadership Academy, Professional Academy, Government Transformation Academy, Digital Entrepreneurship Academy, Talent Scouting Academy, dan Thematic Academy.

5. Google Skillshop  

Google menyediakan pelatihan gratis lainnya yang dinamakan Google Skillshop. Berbeda dengan Google Digital Garage yang menyediakan jenis bidang yang lebih luas, pelatihan ini lebih difokuskan untuk pembelajaran fitur-fitur yang disediakan Google.

Beberapa fitur yang diajarkan seperti Google Ads, pengelolaan konten dan aset YouTube, dan Google Analytics. Pelatihan fitur Google ini sangat tepat bagi Anda yang berkecimpun di dunia periklanan, digital marketing, dan vlogging.

6. Future Learn

Sebuah platform pendidikan asal London ini menyediakan berbagai bidang kursus gratis. Future Learn menyediakan kursus bisnis, manajemen, pengolahan data, media sosial, pemasaran, dan programming.

Materi pembelajaran disediakan ke dalam berbagai media, mulai dari artikel, video, rekaman maupun kuis. Bahkan Future Learn juga memberikan fasilitas berdiskusi untuk peserta melalui kolom komentar.

Apabila kamu tertarik mendapatkan sertifikatnya, kamu harus mengikuti setidaknya 90% dari durasi kursus secara keseluruhan.

7. Hubspot Academy

Banyaknya ketertarikan dan kebutuhan digital marketing membuat banyak lembaga menyediakan kursus ini. Hal ini juga berlaku untuk Hubspot Academy, lembaga ini menyediakan kursus gratis untuk bidang penjualan, periklanan, dan digital marketing.

Materi pembelajaran disajikan dalam bentuk video berdurasi 3-5 jam. Untuk mendapatkan sertifikat dari lembaga ini, kamu harus mengikuti ujian sertifikasi dan lulus dari passing grade.

8. KT&G Sangsang Class

Program pelatihan gratis lainnya yang diselenggarakan oleh lembaga Indonesia adalah KT&G Sangsang Univ.Indonesia. Ada beragam jenis kelas yang disediakan seperti makeup, graphic design, Bahasa Korea, public speaking, digital marketing, creative writing, dan lain sebagainya.

Setiap kelas akan ada pertemuan online melalui Zoom. Namun bagi yang tidak bisa hadir terdapat rekaman kelas yang dapat ditonton kapanpun. Dalam pertemuan tersebut, kamu tidak hanya mendapatkan materi saja, namun juga akan diberikan tugas.

Tugas tersebut menjadi salah satu penilaian sebagai syarat sertifikat. Selain itu, sertifikat juga dapat diperoleh apabila kamu bisa menghadiri seluruh pertemuan.

Program pelatihan dari KT&G Sangsang Class ini dibuka setiap bulannya. Jadi kamu bisa mendaftar kapan pun. Jika tidak ingin ketinggalan informasi pendaftarannya, kamu bisa mengikuti akun Instagramnya di @sangsangunivid.

9. JF Japanese e-Learning Minato

Apakah kamu ingin bekerja di perusahaan Jepang? Jika iya, kamu harus mempersiapkan diri dengan belajar Bahasa Jepang. Karena sebagian besar perusahaan Jepang mempertimbangkan kemampuan Bahasa Jepang kamu, loh.

The Japan Foundation ini tak hanya menyediakan pelatihan Bahasa Jepang. Ada juga pelatihan tentang kebudayaan Jepang yang bisa kamu ikuti.

Kelas pelatihan ini menggunakan materi pembelajaran yang disediakan dalam bentuk modul dan video. Untuk mendapatkan sertifikat, kamu harus mengikuti semua ujian dan penilaian di setiap akhir level kursus.

10. Coursera

Platform asal Amerika ini menyediakan pelatihan gratis maupun berbayar. Ada beragam topik pelatihan yang disediakan seperti machine learning, meditasi, dan data analisis.

Coursera memberikan akses gratis pada 7 hari penggunaan, namun kursus selanjutnya akan dikenakan biaya. Kabar baiknya, kamu bisa mengakses pelatihan Coursera ini dengan menggunakan Financial Aid. Ini merupakan layanan bantuan keringanan biaya hingga bebas biaya untuk peserta yang memiliki masalah dana.

Pembelajaran yang disediakan terbilang singkat dan cepat, yakni hanya sekitar 2 jam. Kamu akan mendapatkan 80 Guided Projects jika mendaftar pelatihan ini. Selain itu, ada 4000 kursus yang disediakan oleh Coursera.

Semua materi dari Coursera diajarkan oleh universitas dan perusahaan ternama sehingga sertifikatnya tidak diberikan secara gratis. Kamu akan dikenakan biaya autentifikasi sertifikat. Seperti pepatah, ada harga ada barang, sertifikat yang dikeluarkan Coursera ini juga memiliki nilai lebih karena materi diberikan oleh universitas dan perusahaan ternama.

Nah, itulah 10 pelatihan gratis untuk menambah skill bagi para fresh graduate yang sedang mencari pekerjaan. Sebaiknya kamu memilih pelatihan sesuai dengan bidang pekerjaan yang kamu inginkan. Setelah menyelesaikan pelatihan dan mendapatkan sertifikan, kamu  dapat mencantumkannya di CV.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *