Informasi terbaru dunia kampus, mahasiswa, beasiswa, lowongan dan karier
Kuliah  

Tips Mengatasi Grogi Saat Presentasi atau Berbicara di Depan Umum

Foto: iStock

Pernahkah kamu mengalami grogi saat diminta untuk presentasi atau berbicara di depan umum? Rasanya jadi keringat dingin saat diberi panggung untuk berbicara di depan kelas, dalam sebuah forum, maupun saat presentasi di depan banyak orang. Perut jadi tidak karuan, dan berbicara menjadi tidak beraturan. Tandanya kamu sedang gugup sekali menghadapi situasi ini.

Menurut SehatQ, rasa tegang atau grogi adalah hal yang sangat wajar terjadi pada seseorang. Hal ini merupakan respon tubuh saat merasa stres atau berada pada zona yang tidak nyaman seperti yang biasanya terjadi. Faktor hormonal dan fisiologis di dalam tubuh ini akan menciptakan situasi menegangkan, tubuh akan merespon dengan memproduksi hormon adrenalin. Nah, akibatnya kamu akan merasa jantungmu berdetak begitu kencang, tekanan darah naik, akhirnya rasa cemas, tegang, dan antusias menjadi satu. 

Memang tak semua orang bisa langsung bisa berbicara di depan umum. Apalagi bagi mereka yang tak pernah mendapat kesempatan untuk melakukannya. Pasti saat momen itu datang, grogi atau gugup itu akan semakin parah. Tapi tenang, hal ini bisa dilatih. Kamu hanya perlu tahu tips untuk mengatasi grogi agar kamu bisa lancar presentasi maupun berbicara di depan umum. Apalagi saat menjadi mahasiswa, berbagai mata kuliah akan memberikan kamu kesempatan untuk berbicara di depan umum. Atau saat kamu berada di suatu forum atau organisasi, pastinya kamu tidak mau terlihat gugup kan di depan umum? 

Tips Mengatasi Grogi

Foto: iStock/skynesher

Keluar dari zona nyaman memang penuh tantangan. Tetapi semua hal bisa kamu pelajari, termasuk urusan yang satu ini. Apa saja ya tips untuk mengatasi grogi supaya tidak berkeringat dingin dan mules tiap kali menghadapi presentasi. Berikut lima tips yang bisa kamu coba:

1. Siapkan Note atau Catatan

Apapun yang ingin kamu presentasikan, usahakan kamu punya beberapa catatan yang akan memudahkanmu menyampaikan di sebuah forum diskusi. Catatan ini akan membantumu mengingat dan membuat alur penyampaian informasi. Sehingga apa yang kamu sampaikan akan lebih terstruktur. 

Catatan ini fungsinya hanya untuk memudahkan. Tak harus sama persis dengan apa yang kamu tuliskan saat presentasi. Kamu juga bisa melakukan improvisasi selagi isinya masih sama dan tak jauh beda dengan maksud dan tujuanmu presentasi. Jadi, saat kamu blank atau lupa terhadap materi, catatan kcil ini akan membantumu mengingatnya kembali.

2. Persiapan Matang dan Latihan

Tips berikutnya supaya kamu tidak grogi saat presentasi, persiapkanlah segala sesuatu yang kamu butuhkan. Bahan presentasi, materi yang akan disampaikan, catatan kecil, ppt, belajar materi yang relevan, dan persiapan lainnya. Persiapkanlah sebaik mungkin sebelum hari itu tiba. 

Hal yang penting lainnya, cobalah untuk berlatih. Cobalah untuk latihan presentasi sendiri di depan cermin. Berbicaralah selayaknya kamu presentasi di depan umum. Atau jika perlu, kamu bisa berlatih di depan beberapa temanmu untuk mempersiapkan mental agar tidak merasa grogi saat hari H nanti tiba. Perhitungkanlah berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk menyelesaikan presentasimu. Kamu akan merasa lebih siap jika terus berlatih dan membiasakan diri untuk presentasi. 

3. Atur Nafas 

Untuk mengurangi ketegangan dan grogi saat melakukan presentasi, kamu bisa memulai untuk mengatur nafas. Inhale… exhale… Ulangi sampai kamu merasa lebih tenang dan rileks. Dengan mengatur nafas, ketegangan akan lebih berkurang. Ada namanya teknik pernapasan yang terinspirasi dari teknik yoga pranayama oleh Dr. Andrew Weil yang disebut teknik 4-7-8.

Teknik pernafasan 4-7-8 ini bisa kamu coba saat merasa gugup atau grogi. Cara melakukannya, ambil nafas melalui hidung selama 4 detik. Setelah itu, tahan selam 7 detik. Lalu hembuskan secara perlahan selama 8 detik melalui mulut. Lakukan berulang sampai kamu merasa tenang. Ini bisa dipraktikkan kapan saja agar tubuhmu lebih rileks. 

4. Gunakan Bahasa Tubuh seperlunya

Kamu bisa melakukan gerakan sederhana untuk menambah rasa percaya dirimu. Misalnya dengan gerakan tangan, melihat beberapa audiens, dan tetap fokus pada materi yang kamu sampaikan. Kamu bisa mulai mencairkan suasana dan menghilangkan ketegangan dengan menikmati panggung milikmu ini. Bahasa tubuh yang seperlunya, artinya tidak berlebihan, akan membuatmu lebih percaya diri. 

Salurkanlah grogimu melalui gerakan. Saat melakukan presentasi di ruangan, kaki mulai tegang, cobalah untuk berjalan sedikit atau mengubah posisi berdiri. Lakukan sedikit gerakan tangan misalnya, untuk mengurangi ketegangan. Sebisa mungkin tubuhmu rileks saat melakukan presentasi. Sehingga hal ini akan membuatmu lebih fokus dan menguasai materi dengan baik.

5. Terkoneksi dengan Audiens

Untuk mencairkan suasana, kamu perlu mencari tahu dan memahami kepada siapa kamu melakukan presentasi. Anggaplah mereka sama seperti dirimu. Jangan termakan oleh asumsi di dalam pikiranmu. Tak perlu mengkhawatirkan apapun yang belum terjadi. Biarkan presentasi yang akan kamu sampaikan mengalir begitu saja tanpa beban. 

Selaini itu, cobalah untuk terkoneksi dengan audiens. Lakukan kontak mata beberapa kali saja kepada audiens agar terbangun koneksi. Namun, jika terlalu sering, dikhawatirkan hal ini justru akan menambah grogi dan malah hilang fokus. Maka lakukan saja beberapa kali agar audiens memperhatikan dan fokus pada penjelasanmu di depan. 

Bagaimana Jika Presentasi yang Dilakukan Secara Online?

Sebenarnya sama saja hal-hal yang perlu diperhatikan. Hanya saja saat melakukan presentasi, hal yang tak luput diperhatikan adalah teknologi atau laptop/komputer yang digunakan. Selain itu juga koneksi internet dan media yang dilakukan untuk melakukan presentasi. 

Selanjutnya adalah situasi dan kondisi di sekitar yang tak boleh luput dari perhatian. Virtual background, apakah suaranya terdengar jelas, dan faktor-faktor pendukung lainnya untuk memperlancar jalannya presentasi. Selebihnya, hampir sama dengan yang tertulis di atas. Kamu perlu mempersiapkannya, berlatih, dan selalu tampil percaya diri. Presentasi adalah panggung untukmu menunjukkan kepada dirimu kalau kamu mampu melalui itu. Jadi jangan khawatir akan banyak hal ketika kamu berbicara. Lakukan saja dan biarkan mengalir. 

Selamat berproses menakhlukkan rasa grogi yang datang ketika presentasi. Yakinkan diri bahwa kamu bisa melalui hal ini. Siapa tahu, jika kamu bisa tampil dengan baik ketika presentasi, kesempatan besar lainnya akan datang dalam hidupmu. Selamat mencoba tips mengatasi grogi di atas tadi. Semoga berhasil 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *