Informasi terbaru dunia kampus, mahasiswa, beasiswa, lowongan dan karier
Kuliah  

Apa yang Dicari Di Dunia Perkuliahan? Temukan Jawabannya Di sini

Foto: iStock/skynesher

Memasuki dunia perkuliahan tentu saja kamu punya tujuan tersendiri kenapa memilih jalan ini. Punya ambisi untuk menemukan jawaban atas pertanyaan yang selama ini kamu cari. Namun, hal ini kadang terasa membingungkan saat kamu sudah mulai berjalan. Kamu menemukan berbagai tantangan untuk mencapai tujuan yang telah kamu tetapkan di awal masuk dunia perkuliahan. Sampai kamu bertanya pada diri sendiri apa sih sebenarnya yang dicari saat kuliah? Apakah hanya mengejar IPK tinggi segala sesuatu menjadi mudah di masa depan? Nah, kamu akan menemukan jawabannya di sini.

Tujuan Kuliah

Mari tanyakan kepada diri sendiri, apa yang menjadi tujuanmu memutuskan untuk menjadi seorang mahasiswa dari sebuah universitas? Pastinya setiap orang memiliki tujuan yang berbeda. Kebanyakan jawaban yang mungkin keluar saat ditanyakan hal tersebut adalah seseorang ingin mendapatkan karir yang lebih baik di masa depan, memperoleh pekerjaan yang lebih menjanjikan dengan penghasilan besar, membahagiakan orang tua, memperluas relasi dengan banyak teman, dan tujuan lainnya. 

Menetapkan tujuan di awal adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Sehingga hal ini akan membuatmu lebih bisa mengerti dan memahami tanggungjawab apa yang harus kamu lakukan saat kuliah. Kamu memahami prioritas mana yang perlu dilakukan terlebih dahulu agar tujuan itu tercapai setelah kuliah nanti. Tujuan akan membuatmu lebih fokus dan bisa membaca peluang yang ada untuk mempermudah kamu sampai pada tujuan itu. Jadi, ttanyakan pada dirimu sendiri terlebih dahulu, kira-kira apa ya tujuanmu untuk kuliah? Nah, baru setelah itu akan mudah menentukan langkah berikutnya.

Kuliah Bukan Hanya Soal IPK Tinggi

Seringkali nilai yang didapatkan setelah melalui berbagai ujian menjadi momok yang menakutkan bagi beberapa orang. Ada mata kuliah yang menunjukkan nilai yang kurang memuaskan. Sebenarnya wajar-wajar saja, karena setiap orang memiliki kelebihan sendiri-sendiri. Kamu hanya perlu menemukan versi terbaik dari dirimu dan melakukan dengan maksimal sesuatu yang kamu sukai. Dalam hal ini adalah beberapa mata kuliah misalnya. 

Kamu tidak perlu menuntut diri untuk mendapatkan nilai A pada setiap mata kuliah. Memang, IPK tinggi adalah salah satu pembuktian yang sangat prestise bagi seorang mahasiswa. Namun, ini bukanlah hal yang utama. Lakukan saja sebaik yang kamu bisa. Soal hasilnya, itu adalah kemampuan setiap individu yang tak boleh dibandingkan satu sama lain. Yang terpenting adalah kemauan dirimu untuk terus belajar dan berproses untuk menjalankan peran sebagai mahasiswa. 

IPK tinggi bukanlah syarat menjadi mahasiswa yang sukses. Namun, jika kamu bisa mendapatkannya, ini adalah sesuatu yang baik. Ada banyak hal lainnya yang bisa mengantarmu meraih kesuksesan. Jadi, untuk kamu yang mungkin merasa IPK tinggi adalah sebuah kemustahilan, ada hal lain yang bisa kamu tonjolkan yang akan menjadi kelebihanmu. Percayalah, tak semua hal di dunia ini dilihat dari angka. Tunjukkan versi terbaik dari dirimu. 

Apa yang Perlu Dicari di Dunia Perkuliahan?

Foto: iStock/urfinguss

Oke, sampai di sini kita sepakat ya bahwa dunia perkuliahan bukan hanya soal nilai yang didapat setiap semester. IPK dalam bentuk angka-angka ini belum tentu bisa menjadi faktor penentu kesuksesan seseorang. Meskipun tetap penting dan perlu diusahakan sebaik mungkin di setiap semester. Namun, ada berbagai hal lainnya juga yang perlu kamu tahu seputar dunia perkuliahan. Hal-hal yang perlu kamu cari saat menjadi seorang mahasiswa selama kurang lebih empat tahun. Jangan sampai menyesal setelah tak lagi menjadi mahasiswa. Karena tak setiap orang mampu untuk mengenyam pendidikan seperti kamu. So, manfaatkan peran ini sebaik mungkin. 

Langsung saja kita bahas satu per satu apa saja kira-kira yang dicari saat kuliah? Berikut ulasannya:

1. Membentuk Karakter dan Mengembangkan Diri

Nah, saat kamu bertumbuh menjadi seorang yang lebih dewasa baik dalam usia maupun pola pikirnya, maka di dunia perkuliahan ini adalah tempat yang tepat untuk kamu belajar. Mungkin ini pertama kalinya kamu jauh dari orang tua dan keluarga, bertemu dengan orang-orang baru yang memiliki karakter yang sangat beragam. Kamu juga jadi belajar untuk hidup mandiri, mengurusi segala sesuatu sendiri. Paling tidak, kamu merasakan bagaimana bertanggungjawab dengan apa yang kamu lakukan. 

Selain itu, kamu juga jadi belajar untuk memperkuat karakter di dalam diri dan mengembangkan potensi yang selama ini tidak kamu sadari. Dunia perkuliahan adalah tempat kamu menemukan berbagai hal sesuai dengan apa yang kamu minati. Namun, perlu berhati-hati, jangan sampai salah jalur dan terjebak dalam lingkungan yang tidak baik. Karena dunia baru yang kamu hadapi ini ada banyak pilihan jalan yang akan kamu tempuh. Lingkungan sekitarmu juga akan membentuk pribadimu. 

2. Networking

Membangun jejaring di mana pun tempatmu berada, ini adalah hal yang sangat penting. Di dunia perkuliahan, kamu akan bertemu dengan banyak pihak. Teman-teman baru, bergabung di berbagai organisasi, berinteraksi dengan dosen dan mahasiswa lainnya, bahkan kamu bisa membangun jejaring yang sesuai dengan hobi dan passionmu. Networking ini bisa jadi akan memudahkanmu di masa depan. Jadi jangan sia-siakan kesempatan berharga ini. Bangunlah jejaring seluas-luasnya dengan siapa saja. Jadilah orang yang supel dan mudah bergaul. Siapa tahu kamu bisa belajar banyak hal dari orang yang baru kamu kenal.

3. Peluang Membangun Bisnis

Buat kamu yang memiliki jiwa-jiwa entrepreneur, bisa banget mengasah kemampuanmu ini di dunia perkuliahan. Mengikuti berbagai organisasi bisnis, ikut kompetisi dan pendanaan bisnis, bergabung di forum-forum bisnis, dan membangun jejaring dengan orang-orang penting yang memahami bisnis dan telah terjun lebih dulu di dunia bisnis. Tentu saja hal ini akan membuatmu belajar banyak hal tentang entrepreneurship. 

Banyak lho mahasiswa yang sudah mulai merintis bisnis bahkan saat mereka masih kuliah. Tak terhitung jumlahnya. Apalagi di kampus itu juga ada wadah dan pendanaan untuk mengasah kemampuan entrepreneurship para mahasiswanya. Jadi, jika kamu berencana untuk membangun bisnis, bisa banget berkecimpung dalam dunia bisnis sejak kuliah. Bisa jadi saat lulus nanti, bisnismu akan semakin besar dan bercabang-cabang di banyak tempat. Keren banget kan.

4. Kemampuan Leadership

Nah, saat kamu menjadi mahasiswa, belajarlah kemampuan leadership. Kemampuan untuk memimpin, hal ini sangat penting untuk dimiliki setiap orang. Meskipun tidak semuanya menjadi seorang pemimpin pada suatu forum, komunitas, lembaga, atau yang lainnya, setidaknya kamu mampu untuk memimpin dirimu sendiri. 

Kemampuan leadership ini bisa kamu asah dengan mengikuti berbagai kegiatan, di kelas, di kepanitiaan, organisasi, komunitas, dan forum diskusi lainnya. Kamu bisa belajar bagaimana memimpin sebuah rapat, mengkoordinasikan anggota, kemampuan berbicara di depan umum, bernegosiasi, berdiskusi dan menyelesaikan masalah, dan lain-lain. Karakter menjadi seorang pemimpin ini perlu dilatih dan diterapkan dalam keseharian. Kemampuan ini bisa sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah yang akan kamu jumpai sehariā€“hari. 

5. Managemen Waktu yang Baik

Dengan berbagai kegiatan dan aktivitas harian yang kamu lakukan saat menjadi mahasiswa, hal ini akan membiasakan dirimu memanagemen waktu dengan baik. Jika kamu hanya menjadi mahasiswa yang pasif, tentu saja hal ini akan menjadi pr yang sulit untuk kamu menghadapi dunia baru pasca kampus nanti. 

Di awal tadi sudah dijelaskan bahwa dunia kampus itu bukan hanya soal mengejar IPK yang tinggi. Lebih dari itu, kamu perlu belajar banyak hal di kehidupan yang akan membentuk karakter dan pribadimu. Mengasah skil, melatih mental, menjadi problem solver, dan mampu mengatur waktu dengan baik. Saat kamu banyak praktik dan tak hanya belajar teori di dunia perkuliahan, kemampuan ini justru yang akan memudahkanmu di masa depan. Termasuk dalam karir yang menjadi salah satu tujuanmu itu. Jadi, paham ya kenapa IPK bukanlah satu-satunya faktor X yang membuat masa depanmu lebih cerah? 

Oke itu tadi beberapa penjabaran yang menjawab tentang apa sih yang sebenarnya perlu kamu cari saat kuliah? Nah, barangkali penjelasan di atas akan membuat tujuanmu lebih tercerahkan dan kamu lebih mantap untuk melangkah dan mengeksplorasi dunia perkuliahan. Manfaatkanlah peranmu menjadi mahasiswa dengan sebaik-baiknya peran. Sehingga nanti ketika lulus, kamu bisa belajar banyak hal dan mengimplementasikannya pada dunia baru yang akan kamu hadapi nanti. Semangat! šŸ™‚

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *