Informasi terbaru dunia kampus, mahasiswa, beasiswa, lowongan dan karier

6 Tips Untuk Pejuang Skripsi Biar Bisa Lulus Tahun Ini

Salah satu syarat kelulusan bagi seorang mahasiswa adalah mengerjakan skripsi. Seringkali hal ini yang menjadi momok menakutkan yang harus dihadapi para mahasiswa. Apalagi mereka yang sudah menjelang semester akhir, harus bisa fokus untuk menyelesaikan salah satu kewajibannya untuk mendapatkan gelar sarjana ini. Namun, seringkali pejuang skripsi menemukan kesulitan dalam perjalanannya. Ternyata tak semudah yang dibayangkan sebelumnya.

Pertanyaan seperti “kapan lulus?” seringkali membuatmu frustasi sendiri. Orang lain memang kadang tidak memahami bagaimana berada di posisimu saat ini. Jangan pedulikan akan hal ini. Fokus saja dulu pada apa yang ingin kamu capai saat ini. 

Kadangkala memang ada saja kendala yang muncul saat ingin fokus mengerjakan skripsi. Rasa malas kadang datang dan membuatmu stuck tidak ada progres sama sekali. Kemudian kesibukan lain yang mengalihkan fokus pada skripsi. Dan tantangan-tantangan yang lainnya. Tetapi bukan berarti kamu tidak bisa menyelesaikannya. Semua hal butuh proses dan waktu.

Tenang para pejuang skripsi, mahakaryamu ini akan segera terselesaikan di waktu yang tepat. Yang terpenting kamu tetap berprogres mengerjakannya walaupun 1% setiap hari. Semakin kamu menunda, maka waktumu juga akan semakin lama. Nah, berikut ini ada 5 tips untukmu para pejuang skripsi biar kamu bisa mengusahakan untuk lulus tahun ini. 

1. Pilih topik yang kamu sukai dan kuasai

Catatan penting yang perlu kamu pahami tentang topik skripsi adalah pilihlah topik yang kamu sukai dan kuasai. Jangan hanya memburu topik skripsi yang terdengar keren atau hebat. Dan pilihlah topik yang realistis dapat diselesaikan dalam 1 semester. Jadi masa skripsimu bisa terselesaikan dengan segera. 

Ketika kamu menyukai dan menguasai topik skripsi, tentu kamu akan lebih menikmati dalam pengerjaannya. Meskipun ada kendala, kesukaanmu terhadap topik itu akan mendorongmu untuk menyelesaikannya. Belajar banyak hal yang kamu suka lebih menyenangkan bukan daripada mempelajari sesuatu yang sama sekali tidak kamu mengerti? Maka pilihlah topik yang bukan hanya menarik, tetapi topik yang benar-benar kamu sukai dan kuasai. 

2. Tetapkan timeline dan target

Hal selanjutnya yang perlu kamu persiapkan adalah timeline untuk mengerjakan skripsi. Alangkah lebih baik jika kamu bisa menyusun rencana sebelum berada di semester akhir, yaitu di semester lima atau enam perkuliahan. Persiapan jauh-jauh hari akan lebih mempermudah proses yang akan kamu jalani di semester akhir. Misalnya tentang topik skripsi yang kamu pilih, materi dan teori yang berhubungan dengan itu, membaca banyak referensi dan contoh skripsi yang serupa. Tetapi jika saat ini kamu telah berada di semester akhir, tidak masalah. Mari kita susun lagi timeline dan target supaya skripsimu selesai tahun ini.

Untuk menyusun timeline dan target ini, breakdownlah bagian-bagian skripsi yang ingin kamu kerjakan.  Misalnya di bab 1, 2, dan 3, tetapkan target yang lebih rinci di setiap subbabnya. Tuliskan rentang waktu yang kamu gunakan untuk menyelesaikan setiap bagian. Berapa lama kira-kira akan selesai. Timeline ini akan mengingatkanmu untuk mendisiplinkan diri. Karena masih banyak hal yang harus dikerjakan, kamu pasti akan memanfaatkan waktumu dengan baik. 

Poin penting berikutnya yang tidak boleh lupa, laporkan progresmu kepada dosen pembimbing. Atur jadwal untuk berdiskusi di sela timeline yang kamu susun tadi. Supaya dosen pembimbing tahu progres yang telah kamu lakukan. Dan jika ketemu masalah dan revisi di tengah mengerjakan, saran dosen pasti selalu dibutuhkan. Walaupun kadang hal ini menjadi kendala tersendiri bagi sebagian orang. Tetap saja, usahakan terlebih dahulu untuk berdiskui dengan dosen pembimbing. 

3. Ingat Tujuan Awal Kuliah

Motivasi setiap orang untuk masuk kuliah pasti berbeda-beda. Beberapa di antaranya karena orangtua, ingin mendapat karir yang lebih baik pasca kuliah, mencari ilmu yang bermanfaat, atau yang lainnya. Ingat-ingat kembali tentang hal ini. Apakah tujuanmu akan tercapai jika skripsimu tidak kunjung selesai. Memang bukan hanya sekadar untuk memperoleh gelar sarjana. Jika kamu punya tujuan yang lebih mulia, pasti kamu akan lebih bersemangat untuk menyelesaikan skripsimu ini. 

4. Manfaatkan Waktu Sebaik Mungkin

Ini adalah soal prioritas yang perlu kamu tanyakan pada diri sendiri. Saat ini, apa saja yang menjadi prioritasmu dalam hidup, maka pasti kamu bisa membagi waktu dengan baik. Dalam hal ini, pertanyaannya adalah skripsimu kamu tempatkan di prioritas yang mana? Jawabannya akan sangat menentukan bagaimana perjuanganmu untuk mengerjakan skripsi.

Jika ini menjadi prioritas utama, tentu kamu bisa menempatkan hal lain untuk dinomor sekiankan. Ada hal yang lebih penting yang harus kamu selesaikan. Misalnya waktu untuk menonton, bermain dengan teman, kesibukan di organisasi, atau yang lainnya. Bukan berarti tidak penting, tetapi ketika kamu bisa memetakan waktu dengan baik sesuai prioritas maka semuanya dapat terhandle dengan baik. Kamu akan berpikir kembali untuk tidak menunda-nunda berbagai hal dalam hidupmu. Buatlah progres setiap hari untuk prioritasmu ini walaupun sedikit. Itu lebih baik daripada tidak sama sekali. Jadi, manfaatkan waktumu sebaik mungkin. 

5. Berkumpul dan Berdiskusilah dengan Para Pejuang Skripsi 

Lingkungan memang menjadi faktor penting yang membentuk dan mempengaruhi seseorang. Termasuk untukmu yang sekarang lagi berjuang menyelesaikan skripsi. Berkumpul dan berdiskusi dengan teman seperjuangan bisa menjadi suntikan semangat untukmu. Hal ini juga bisa berpengaruh terhadap mood dan motivasimu dalam mengerjakan skripsi. Apalagi bisa bertukar pikiran dengan permasalahan yang kamu hadapi soal skripsi. 

Kadangkala dosen yang sulit dihubungi untuk meminta saran dan solusi dari permasalahanmu soal skripsi. Nah, di forum diskusi bersama pejuang skripsi lainnya ini bisa jadi jalan buat kamu untuk memahami hal yang tidak kamu mengerti. Saling memotivasi untuk mencapai target segera lulus. 

6. Minta Doa Orang Tua

Tips terakhir yang paling penting, mintalah doa orang tua. Ini adalah cara cepat lewat jalur langit. Mintalah doa pada orang-orang yang begitu menyayangimu. Bisa jadi, dari doa-doa inilah proses pengerjaan skripsimu dapat berjalan dengan lancar. Faktor lain selain usaha yang menjadi penentu juga dalam kesuksesanmu. 

Doa tanpa usaha adalah kebohongan dan usaha tanpa doa adalah kebohongan. Selain usaha, satu hal yang tidak pernah lupa adalah berdoa. Mintalah kemudahan kepada Tuhan untuk proses kelancaran mengerjakan skripsi. Ibadah ditingkatkan lagi. Kunci kesuksesan untuk apapun yang akan kamu lakukan ada di sini. 

Itu tadi beberapa tips untuk para pejuang skripsi yang bisa kamu praktikkan mulai hari ini. Semangat berjuang lagi dan lagi. Ayo kita lawan kemalasan dalam diri. Setiap progres yang kamu lakukan setiap hari sangatlah berarti. Jangan ditunda-tunda lagi. Mari selesaikan mahakarya terbaikmu tahun ini. Tetap Semangat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *