Informasi terbaru dunia kampus, mahasiswa, beasiswa, lowongan dan karier
Kuliah  

10 Jurusan Kuliah yang Memiliki Banyak Prospek Kerja

Ilustrasi beragam pekerjaan. (Mau Kuliah)

Salah satu hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih jurusan adalah prospek kerja. Ketika kamu memilih jurusan kuliah dengan prospek kerja yang luas maka hal ini juga akan mempermudah kamu saat ingin mencari pekerjaan setelah lulus.

Memahami prospek kerja sebelum masuk kuliah termasuk hal yang menguntungkan untuk dilakukan. Sebab dengan begitu, kamu bisa merencanakan masa depan dan mempersiapkannya dengan baik.

Jurusan Kuliah yang Memiliki Banyak Prospek Kerja

jurusan kuliah
Ilustrasi jurusan kuliah. (Rencanamu.id)

Sebelum Anda menentukan jurusan kuliah, Anda dapat menyimak penjelasan tentang jurusan kuliah dengan prospek kerja yang luas di bawah ini.

1. Data Science

Semakin berkembangnya era digital, data science banyak dibutuhkan dan memiliki prospek kerja yang banyak. Data science merupakan ilmu yang mengolaborasikan analisis data, statistik, dan informatika.

Secara detail, data science digunakan untuk belajar proses, algoritma, metode, dan sistem untuk mengolah data. Kegunaan data science pada sebuah industri atau perusahaan adalah untuk meningkatkan bisanis sehingga dapat melayani pelanggan dengan baik dan optimal.

Apabila kamu mengambil jurusan ini, ada beragam pekerjaan yang bisa kamu lamar setelah lulus yaitu machine learning scientist, machine learning engineer, arsitek perusahaan, dan arsitek aplikasi.

2. Manajemen dan bisnis

Setiap perusahaan di bidang apapun, baik kesehatan, manufaktur, fcmg, dan lainnya akan membutuhkan karyawan di urusan manajerial. Jurusan manajemen dan bisnis mempelajari hal-hal tentang manajerial, prosedur bisnis, marketing, dan perekrutan sumber daya manusia.

Kecakapan lulusan manajemen dan bisnis dalam mengelola bisnis menjadikan jurusan ini banyak dibutuhkan di berbagai perusahaan.

Adapun prospek kerja yang bisa diperoleh jika menempuh pendidikan ini adalah bagian penjualan (sales), bagian operasional dan logistik, pegawai bank, pegawai asuransi, product manager, produser TV atau radio, market researcher, dosen, event planner/ event organizer, maupun wirausaha.

3. Akuntansi dan keuangan

Sepertinya sudah banyak yang memahami jika jurusan ini banyak dibutuhkan oleh perusahaan. Sebab semua perusahaan butuh tenaga untuk mengelola keuangan perusahaan.

Di jurusan akuntansi, kamu akan mempelajari berbagai materi tentang menyusun laporan keuangan, analisis keuangan, membuat perencanaan keuangan, prediksi keuangan perusahaan, pajak, dan lain sebagainya.

Sementara pekerjaan yang dapat dilamar jurusan akuntansi adalah akuntan publik, auditor internal, pegawai pajak, manajer perpajakan, pegawai bank, analis keuangan, financial planner, staf keuangan, dan lain sebagainya.

4. Teknik Informatika

Teknik informatika menjadi salah satu jurusan kuliah yang memiliki banyak prospek kerja. Jurusan ini merupakan jurusan yang mempelajari penggunaan teknologi komputer secara optimal.

Di jurusan teknik informatika, beberapa hal yang akan kamu pelajari meliputi proses perancangan, pengembangan, evaluasi, dan pengujian sistem operasi perangkat lunak. Kamu juga akan belajar tentang bahasa pemrograman dan komputasi.

Setelah lulus dari jurusan ini, kamu dapat melamar pekerjaan sebagai application engineer, game programmer/ developer, web developer/ programmer, software engineering, konsultan IT, software developer, data scientist, robot engineer, dan dosen.

5. Digital Marketing (Pemasaran Digital)

Maraknya media sosial dan internet yang mudah diakses menyebabkan adanya perubahan dalam menjalankan bisnis. Salah satunya adalah tentang marketing. Saat ini, banyak perusahaan yang menggunakan teknik digital marketing untuk memasarkan produknya.

Pada jurusan ini, kamu akan mempelajari tentang penggunaan e-commerce, optimasi media sosial, strategi pemasaran digital, pembuatan konten, marketing analytic, SEO, copywriting, dan masih banyak lagi.

Beberapa kampus yang menyediakan jurusan ini diantaranya adalah Universitas Padjajaran, BRI Institute, dan Universitas Prasetiya Mulya. Sementara prospek kerja jurusan ini meliputi digital marketing, social media specialist, content writer, copywriter, dan masih banyak lagi.

6. Keperawatan

Siapa sangka jurusan keperawatan menjadi salah satu jurusan yang dibutuhkan oleh masyarakat apalagi di bidang kesehatan. Saat ini, masyarakat telah sadar akan pentingnya memperhatikan kesehatan tubuh.

Dengan tingkat kesadaran masyarakat yang semakin tinggi, banyak pula klinik dan rumah sakit yang berdiri dan tersedia untuk masyarakat. Bahkan pertumbuhan jumlah klinik dan rumah sakit meningkat di daerah kabupaten.

Tentunya ini menjadi peluang bagi jurusan keperawatan yang mampu melahirkan tenaga perawat untuk bekerja di rumah sakit atau klinik. Apalagi masyarakat juga membutuhkan perawat untuk pencegahan penyakit kronis seperti obesitas dan diabetes.

6. Cyber Security

Jurusan cyber security menjadi jurusan yang banyak dibutuhkan untuk saat ini dan masa depan. Pengaruh perkembangan teknologi di berbagai lini kehidupan masyarakat menyebabkan banyaknya perlindungan dari kejahatan digital pula. Oleh karena itu, tenaga ahli di bidang cyber security sangat dibutuhka.

Di jurusan cyber security memberikan mahasiswa dalam berbagai pengetahuan dan keahlian pada jaringan dan sistem pengujian, desain, serta pengimplementasian arsitektur pertahanan cyber.  

Kamu dapat menemukan jurusan ini di Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Tanjungpura, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Telkom.

Sementara beberapa pekerjaan yang bisa kamu lamar setelah lulus dari jurusan ini meliputi computer programmer, big data architect, information security analyst, cyber security consultant, full stack developer, computer forensics analyst, java programmer, dan secure software developer.

7. Teknik Industri

Banyaknya industri yang beroperasi di Indonesia membuat jurusan teknik industri kian dibutuhkan di dunia kerja. Teknik industri mempelajari tentang kegiatan produksi, ekonomi, dan pengelolaan industri.

Tanggung jawab seseorang dari background teknik industri adalah desain optimal manajemen perusahaan, proposal strategi, dan optimalisasi praktir dari sistem produksi industri.

Prospek kerja jurusan teknik industri terbilang cukup banyak. Beberapa diantaranya adalah bagian operasional dan logistik, bagian personalia (HRD), product manager, market researcher, bagian pengendalian mutu produk dan kesehatan, teknisi dan operator pabrik, data scientist, dan lain sebagainya.

8. Psikologi

Akhir-akhir ini banyak kepedulian masyarakat akan kesehatan mental semakin tinggi. Selain itu, beberapa orang juga merasa jenuh dan lelah dengan berbagai masalah yang dihadapi. Tentunya peran seorang psikolog atau psikiater sangat dibutuhkan di tengah kehidupan yang semakin modern ini.

Jurusan psikologi banyak mempelajari tentang kondisi mental dan pikiran seseorang. Beberapa mata kuliah yang diampu meliputi psikologi kepribadian, biopsikologi, psikologi anak, filsafat, dan lain sebagainya.

Prospek kerja jurusan psikologi sangat luas. Karena banyak bidang usaha atau lembaga yang membutuhkan tenaga kerja dengan background pendidikan psikologi. Jika kamu masuk di jurusan psikologi, pekerjaan yang bisa kamu lamar yaitu staf HRD di berbagai perusahaan, psikolog, psikiater, konseling, dan dosen.

10. Hukum

Jurusan hukum seringkali menjadi tujuan banyaknya siswa SMA. Ini karena prospek kerja jurusan ini yang terbuka lebar. Sesuai dengan namanya, jurusan ini akan banyak mempelajari berbagai ilmu dan ketentuan hukum, baik hukum perdata maupun perdana.

Beberapa mata kuliah yang dipelajari ialah perundang-undangan, hukum perdata, hukum tata negara, hukum tata pidana, hukum pidana, dan hukum internasional. Selama kuliah, biasanya mahasiswa juga akan diminta untuk praktik langsung seperti di pengadilan.

Ada berbagai pekerjaan untuk jurusan hukum, diantaranya adalah notaris, pengacara, hakim, jaksa, diplomat, legal perusahaan, panitera, dan dosen.

Nah, demikian pembahasan mengenai jurusan kuliah yang memiliki banyak prospek kerja. Apabila Anda sudah berhasil masuk di salah satu jurusan di atas, jangan lupa untuk tetap menambah kemampuan dan pengalaman. Sebab dua hal tersebut juga sangat dipertimbangkan di dunia kerja selain jurusan.

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *