Informasi terbaru dunia kampus, mahasiswa, beasiswa, lowongan dan karier
Kuliah  

8 Alasan Pentingnya Kuliah di Masa Sekarang! 

Pertanyaan apakah kuliah penting atau tidak biasanya akan dilontarkan ketika sudah bisa mendapatkan penghasilan bahkan sebelum lulus dari sekolah. Kamu mungkin perlu berpikir ulang untuk masuk ke perguruan tinggi mengingat ketika lulus, kamu juga masih perlu mencari pekerjaan lagi padahal saat ini sudah ada pekerjaan yang bisa kamu lakukan. 

Memutuskan untuk kuliah bisa jadi sebuah keputusan besar yang sangat berdampak terhadap masa depan. Ada banyak pertimbangan mulai dari pengeluaran yang menjadi semakin besar hingga jaminan karir yang masih belum jelas setelah kelulusan nantinya. Lalu apakah kuliah masih penting di masa sekarang ini? 

Alasan Mengapa Kuliah itu Penting! 

Kuliah sangatlah penting untuk berbagai alasan mulai dari mendapatkan kerja berjangka panjang, mendapat stabilitas kerja, hingga untuk jenjang karir dan kesuksesan lainnya di luar tempat kerja. Bangku kuliah tidak hanya perihal pekerjaan saja tetapi mencakup lebih banyak hal lainnya. Berikut ini alasan mengapa kuliah bisa punya dampak besar dalam hidup kamu: 

1. Memperluas Cara Pandang 

Satu hal paling penting dari dunia kuliah yaitu kamu akan mendapatkan cara pandang yang lebih luas dari pada sebelumnya. Ketika masuk ke perguruan tinggi, kamu akan bertemu lebih banyak orang, mengambil mata kuliah dengan topik tidak menarik, hingga membaca buku yang sebelumnya tidak kamu sukai. 

Dunia kuliah bisa menjadi salah satu sarana penting untuk kamu bisa mendapatkan pengalaman baru bagaimana hidup di lingkungan yang berbeda. Kamu akan memperoleh banyak perspektif baru baik dalam bidang keilmuan, sosial, politik, dan berbagai bidang lainnya.  

2. Mendapatkan Rata-Rata Gaji Lebih Tinggi 

Perihal pendapatan, bangku kuliah menjanjikan rata-rata gaji yang lebih tinggi dibandingkan lulusan SMA. Beberapa lulusan SMA mungkin akan memiliki gaji lebih tinggi tetapi data mengatakan bahwa lulusan perguruan tinggi memiliki rata-rata gaji yang lebih tinggi.  

Hal ini mungkin tidak akan terlalu terasa dalam tahun pertama bekerja setelah lulus tetapi tidak dengan tahun-tahun berikutnya. Saat sudah bekerja, lulusan kuliah berpotensi lebih besar untuk menempati posisi lebih tinggi dan mendapatkan gaji yang lebih bagus juga. 

3. Mengurangi Kemungkinan Pengangguran 

Ijazah kuliah saat ini masih sering menjadi sebuah persyaratan dasar untuk melamar sebuah pekerjaan. Ada banyak bidang yang tidak memerlukan ijazah perguruan tinggi tetapi lebih banyak lagi lowongan pekerjaan yang memerlukannya. 

Kuliah bisa menjadi sebuah langkah yang paling potensial untuk kamu mendapatkan sebuah pekerjaan dan menghilangkan kemungkinan menjadi seorang pengangguran. Saat ini, lulusan SMA saja akan mengalami banyak masalah dalam mencari pekerjaan jika tidak, stabilitas karir yang dilakukan tidak begitu baik. 

4. Menemukan Passion Kamu 

Saat SMA kamu mungkin akan tertarik ke dalam beberapa mata pelajaran seperti biologi, kimia, sosiologi, atau ekonomi. Berada di bangku kuliah akan membuatmu menjelajah lebih dalam terkait dengan passion yang kamu miliki sebelumnya dengan memilih satu bidang spesifik. Meski kamu hanya bisa masuk di satu atau mengambil program double degree, ada banyak pelajaran yang bisa kamu peroleh. 

Saat ini, program mata kuliah sudah lebih fleksibel lagi jadi kamu bisa menempuh beberapa mata kuliah di luar jurusan yang kamu ambil. Kamu akan bertemu dengan profesor dan tenaga pendidik yang sudah expert di bidangnya masing-masing kemudian mendiskusikan passion kamu untuk karir yang lebih baik. 

5. Menemukan Apa yang Kamu Yakini 

Di bangku kuliah, kamu akan menemukan banyak sekali tantangan baru melalui teman, buku, hingga dari profesor yang mendampingi pembelajaran. Perguruan tinggi selalu menjadi tempat bagi orang-orang dengan keyakinan dan kepercayaan terhadap nilai berbeda.  

Selama proses kuliah, kamu akan terlibat dalam berbagai percakapan ringan, diskusi, hingga refleksi yang memungkinkan pemikiran kamu berubah seiring berjalannya waktu. Kamu mungkin juga akan menemukan kepercayaan lebih tinggi terhadap keyakinan sebelumnya. Ini akan menjadi kesempatan yang bagus untuk mulai mengeksplorasi dan menegaskan keyakinan kamu terhadap sesuatu. 

6. Menemukan Hubungan Berarti 

Sebelumnya, kamu mungkin sudah menjalin hubungan dekat dengan teman-teman sebelumnya tapi pertemanan di perguruan tinggi bisa memiliki arti lebih dalam. Ketika kamu kuliah apalagi di luar tempat tinggal, akan ada banyak orang-orang dengan ketertarikan masing-masing. Beberapa akan memiliki pola pikir yang sama dan beberapa yang lain mungkin tidak dan inilah keindahannya. 

Persahabatan di perguruan tinggi bagi banyak orang kerap menjadi persahabatan paling kuat karena berbagai susah dan senang akan dilalui bersama. Kamu akan tumbuh lebih jauh lagi dengan teman, membentuk koneksi, dan berjejaring untuk kehidupanmu selanjutnya. 

Perihal bisnis, kuliah memungkinkan kamu menemukan koneksi untuk membangun jaringan profesional nantinya. Bahkan hubungan dengan profesor sekalipun bisa menjadi hubungan lebih erat hingga mendapatkan rekan kerja sekaligus mentor. 

7. Memperoleh Skill Penting 

Saat ini, ada berbagai skill yang bisa kamu dapatkan tanpa harus berkuliah melalui course online yang tersedia. Meski begitu, mengembangkan diri di perguruan tinggi akan berbeda dengan belajar secara mandiri karena kurikulum sudah dibuat sedemikian rupa untuk menghasilkan lulusan terbaik. 

Ada banyak kelas yang bisa membantu kamu mendapatkan skill sesuai dengan keinginan kamu mulai dari penulis, filsafat, hingga pembicara. Di perguruan tinggi juga terdapat beragam keterampilan lain dengan bergabung bersama organisasi-organisasi intra kampus. Beberapa skill dasar yang bisa kamu terima seperti kemampuan berpikir kritis, public speaking, time management, hingga team work. 

8. Melatih Sikap Mandiri 

Dunia kuliah sangat berbeda dengan di bangku sekolah. Jika di dunia sekolah kamu akan mendapatkan bimbingan secara intens, dunia kuliah akan mengharuskan kamu untuk belajar sendiri. Kamu harus mendapat bahan bacaan di perpustakaan atau di internet secara mandiri hingga mempelajari beragam konsep sendiri.  

Tidak hanya itu, tenaga pengajar di perguruan tinggi tidak akan seperti guru di sekolah yang akan memarahi kamu ketika melakukan suatu kenakalan. Kamu akan benar-benar bertanggung jawab atas diri kamu sendiri tanpa campur tangan orang lain.  

Jadwal kuliah juga lebih fleksibel, tidak akan ada lagi masuk jam 7 dan pulang jam 4 jadi kamu harus bisa mengatur sendiri jadwal kapan bangun tidur dan pergi ke kampus. Akan ada lebih banyak hal yang melatih kamu mandiri seperti sarapan yang tidak lagi disiapkan ibu hingga tugas bertanggung jawab atas tugas. 

Kuliah sangat bermanfaat untuk kehidupan selanjutnya apalagi jika berbicara terkait dengan karier jangka panjang. Akan ada banyak soft skill maupun hard skill yang bisa kamu peroleh selama menempuh studi.  

Jika kamu diharuskan menjadi perantau untuk menempuh kuliah, maka akan ada lebih banyak lagi tantangan yang ada. Bertahan di kampus tidaklah mudah terutama ketika sudah menempuh tugas akhir atau skripsi. Saat ini, jika kamu harus bekerja sambil kuliah, sudah ada universitas seperti Universitas Terbuka yang seluruh aktivitasnya bisa kamu lakukan secara daring.  

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *