Informasi terbaru dunia kampus, mahasiswa, beasiswa, lowongan dan karier
Kuliah  

10 Jurusan Kuliah Unik di Indonesia dan Dunia

jurusan kuliah unik
Ilustrasi jurusan kuliah unik. (Kaldera News)

Di kampus tersedia beragam jurusan yang mencakup berbagai bidang keilmuan. Namun banyaknya jurusan ini semakin membuat calon mahasiswa sulit memutuskan. Apalagi pilihan jurusan ini juga berdampak terhadap prospek kerja di kemudian hari.

Beragamnya jurusan yang ada di kampus ini semakin bertambah akhir-akhir ini. Kampus seakan memberikan ruang bagi mahasiswanya untuk mengembangkan spesifikasi keahlian. Tentunya hal tersebut juga berkembang seiring dengan permintaan di masyarakat.

Beberapa kampus menyediakan jurusan kuliah yang terbilang unik dan menjadi satu-satunya. Biasanya jurusan ditentukan berdasarkan permintaan di wilayah kampus atau prospeknya di masa depan. Nah, di bawah ini beberapa jurusan kuliah unik di kampus Indonesia maupun dunia.

Jurusan Kuliah Unik di Indonesia

Beberapa kampus Indonesia menyediakan beberapa jurusan unik dengan prospek yang terbilang bagus. Apa saja nama jurusannya? Berikut ini penjelasan lebih rincinya, yaitu :

1. Teknik Nuklir

Mahasiswa jurusan ini mempelajari teknologi nuklir sebagai pembangkitan daya, mengaplikasikan radiologi klinik, dan mengaplikasikan radioisotop dan radiasi di industri. Saat ini, jurusan ini hanya ditawarkan di Universitas Gadjah Mada.

Prospek kerja jurusan teknik nuklir ini cukup besar, yakni bisa bekerja di Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Kementerian Kesehatan, Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPPETEN), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, industri permesinan, industri kimi, dan masih banyak lagi.

2. Rekayasa Nanoteknologi

Jika kamu ingin masuk di jurusan ini, kamu akan mempelajari materi tentang molekul, supramolekul, dan atom untuk keperluan industri. Jurusan ini ada di Universitas Airlangga yang berlokasi di Surabaya.

Dengan masuk ke jurusan rekayasa nanoteknologi ini, kamu bisa bekerja sebagai akademisi, peneliti, konsultan, atau bekerja di industri terkait.

3. Ilmu Keluarga dan Konsumen

Keluarga merupakan hal yang selalu dianggap penting oleh semua orang. Nah, ternyata ada jurusan ilmu keluarga dan konsumen, loh. Kamu bisa mempelajari teori tentang ketahanan keluarga, perkembangan dan pengembangan karakter anak, pemberdayaan wanita, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan keluarga.

Jurusan ini hanya tersedia di Institut Pertanian Bogor. Prospek kerja jurusan ini terdiri dari konsultan di bidang perkembangan anak dan keluarga, tenaga akademisi, peneliti, perlindungan konsumen, bekerja di sekolah karakter, BKKBN, dan lain sebagainya.

4. Manajemen Industri Katering

Bisnis katering di Indonesia jumlahnya terus mengalami peningkatan. Oleh sebab itu, industri ini membutuhkan manajemen yang baik. Adanya jurusan Manajemen Industri Katering dapat meningkatkan industri ini ke pariwisata nasional dan internasional. Saat ini, jurusan kuliah unik ini hanya tersedia di Universitas Pendidikan Indonesia.

Di jurusan ini, mahasiswa akan belajar berbagai pengetahuan kuliner, pengolalaan, perencanaan, dan pemasaran makanan. Sementara prospek kerjanya bisa menjadi pegawai di industri katering, pariwisata, hotel, dan tenaga akademisi.

5. Teknik Transportasi Laut

Indonesia merupakan negara maritim yang sebagian besar wilayahnya berupa perairan. Maka dari itu, transportasi laut cukup sering digunakan untuk distribusi barang maupun lalu lintas biasa.

Jurusan Teknik Transportasi Laut ini fokus mempelajari pelabuhan, pelayaran, dan logistik dalam dunia kemaritiman. Transportasi laut penting dipelajari supaya dapat diperoleh perjalanan yang nyaman dan pengiriman barang dengan aman.

Meskipun jurusan ini hanya tersedia di Institut Teknologi Sepuluh November tapi prospek kerjanya cukup luas. Apabila kamu masuk di jurusan ini, kamu bisa bekerja di bidang perkapalan, industri pembuatan transportasi laut, pelayaran, pelabuhan, dan pengiriman barang.  

Jurusan Kuliah Unik di Dunia

Tak hanya di Indonesia, dalam kancah internasional adapula jurusan kuliah unik yang tersedia di kampus ternama. Beberapa jurusan unik tersebut adalah :

1. Beatles

Pernahkah kamu mendengarkan lagu-lagu dari band legendaris The Beatles? Berkat mahakarya dan melegendanya The Beatles, sebuah universitas di Inggris yakni Universitas Liverpool membuka jurusan Beatles.

Mahasiswa jurusan ini akan mempelajari, meneliti, dan menganalisis musik-musik The Beatles dalam perkembangan identitas, etnis, penonton, dan industri di masyarakat. Sementara prospek kerja jurusan ini adalah dapat bekerja di bidang industri musik pop, dan musikologi.

2. Pemeliharaan Anggur

Di luar negeri, anggur merupakan salah satu kebutuhan primer. Sebab anggur tak hanya digunakan sebagai buah-buahan namun juga sebagai bahan utama minuman beralkohol. Jadi jurusan pemeliharaan anggur sangat dibutuhkan di sana.

Jurusan yang ditawarkan oleh Cornell University di Amerika Serikat ini memberikan pengajaran berupa budidaya panen, cara penanaman, dan pengelolaan perkebunan anggur.

Sedangkan prospek kerja jurusan ini juga beragam, diantaranya adalah mengelola kilang anggur, pengawas kebun wine, sommelier yang bertugas menyajikan hidangan dan wine, hingga menjadi konsultan bagi perkebunan anggur dan perusahaan wine.

3. Manajemen Lapangan Golf

Golf menjadi olahraga yang dapat dijadikan hobi maupun bisnis. Itulah yang menyebabkan University of Maryland menyediakan jurusan Manajemen Lapangan Golf. Lulusan jurusan ini akan diberikan gelar sarjana ilmu tanaman.

Mahasiswa jurusan ini akan belajar tentang pertumbuhan hama, strategi pengendalian hama, dan pembangunan, pengendalian, serta pengelolaan lapangan golf. Meskipun terdengar unik, prospek kerja jurusan ini juga cukup banyak, yaitu pengelola lapangan golf, manajemen lapangan golf, manajemen atletik, dan lain sebagainya.

4. Kesenian Komik

Melihat penggemar komik yang terus bertahan hingga sekarang menunjukkan jika komik merupakan seni yang masih disukai banyak orang. Meskipun banyak orang yang beralih dari komik bentuk fisik ke digital, komik tetap menjadi primadona bukan hanya untuk anak-anak tapi juga semua kalangan.

Jurusan kesenian komik yang ditawarkan The Minneapolis College of Art And Design akan mempelajar berbagai keterampilan tentang komik. Keterampilan tersebut diantaranya adalah komposisi, garis, warna, pengembangan cerita, pengembangan karakter, dan plot komik.

Prospek kerja jurusan ini adalah ilustrator, penulis komik, editor komik, hingga penerbit komik. Bahkan mahasiswa di jurusan ini juga bisa menjadi tenaga akademisi dengan menjadi dosen kesenian.

Jadi bagi kamu yang suka baca komik, jurusan ini bisa jadi kesempatan terbaik untuk membuktikan jika membaca komik bukan hal yang membuang waktu. Selain itu, kamu juga bisa bekerja di bidang yang kamu sukai.  

5. Manajemen Taman Hiburan

Siapa yang tidak suka ke taman hiburan? Rasa-rasanya akan sedikit yang akan menjawab ‘saya’. Taman hiburan sudah menjadi tempat wajib yang perlu didatangi saat liburan setidaknya sekali seumur hidup.

Jadi untuk menyediakan taman hiburan dengan kualitas terbaik, jurusan Manajemen Taman Hiburan ini ada. Universitas Ohio menyediakan jurusan Manajemen Taman Hiburan untuk gelar Magister.

Jurusan ini akan mempelajari cara pembuatan, pengelolaan, pengawasan, dan pemasaran di bidang taman hiburan. Pekerjaan untuk mahasiswa jurusan ini tentunya akan menjadi pengelola taman hiburan. Salah satu tugasnya adalah membangun dan mengawasi peralatan atau wahana di taman hiburan.

Bagaimana, apakah ada salah satu jurusan kuliah unik di atas yang kamu sukai? Jurusan kuliah unik tersebut dapat menjadi peluang bagi karir kamu. Sebab pesaing dari jurusan yang sama terbilang tidak terlalu banyak. Jadi ini bisa menjadi kesempatanmu, loh.

Responses (2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *