Informasi terbaru dunia kampus, mahasiswa, beasiswa, lowongan dan karier
Kuliah  

10 Jurusan Kuliah paling Diminati Anak IPS 2022! 

Halo anak IPS! Gimana nih apa sudah mulai memikirkan jurusan apa yang akan kamu ambil setelah melewati masa SMA? Jangan terlalu menyepelekan memilih jurusan kuliah loh apalagi ini akan berhubungan dengan bagaimana kamu akan berkarir nantinya. Beberapa jurusan seperti ilmu komunikasi, manajemen, hukum, atau hubungan internasional mungkin sudah tidak lagi asing di telinga kamu.

Halo anak IPS! Gimana nih apa sudah mulai memikirkan jurusan apa yang akan kamu ambil setelah melewati masa SMA? Jangan terlalu menyepelekan memilih jurusan kuliah loh apalagi ini akan berhubungan dengan bagaimana kamu akan berkarir nantinya. Beberapa jurusan seperti ilmu komunikasi, manajemen, hukum, atau hubungan internasional mungkin sudah tidak lagi asing di telinga kamu.  

Merasa belum cocok dengan jurusan tersebut? Jangan khawatir, masih ada banyak lagi jurusan kuliah soshum yang bisa kamu pilih. Bingung memilih jurusan apa nantinya? Berikut kami beri rekomendasi jurusan kuliah yang paling banyak diminati oleh anak IPS! 

1. Ilmu Komunikasi 

Berbicara soal jurusan idaman untuk anak IPS, ilmu komunikasi akan selalu berada dalam urutan teratas. Jurusan ilmu komunikasi bahkan menjadi jurusan paling banyak diminati di dalam seleksi SBPMTN pada tahun 2021 lalu. Kamu akan mempelajari berbagai hal seperti jurnalistik, marketing, public relations, hingga periklanan di dalam jurusan satu ini. 

Kamu akan mendapat banyak sekali pelajaran terkait dengan bagaimana komunikasi publik terjalin. Beberapa mata kuliah yang ada seperti public speaking, analisis media sosial, hingga statistika sosial. Jurusan favorit ini membuka peluang kerja yang luas mulai dari sebagai presenter, jurnalis, presenter, hingga profesi lainnya di bidang manajemen. 

2. Manajemen 

Selanjutnya ada jurusan manajemen yang memang menjadi primadona bagi banyak orang. Kamu mungkin mengenal jurusan manajemen sebagai jurusan yang mempelajari tentang bidang ekonomi saja padahal jurusan ini jauh lebih luas dari itu. Kamu akan belajar tentang pemasaran, perbankan, pendidikan, hingga manajemen pariwisata secara menyeluruh. 

Di dalam jurusan manajemen, masih akan ada lagi spesialisasi yang membuatmu fokus untuk mempelajari salah satu bidang. Skill penting yang akan kamu pelajari di jurusan manajemen yaitu bagaimana manajemen sumber daya manusia dan keuangan. Propsek jurusan ini terbilang sangat luas mulai dari sebagai akuntan, penasihat keuangan, hingga analis investasi. 

3. Ilmu Politik  

Jurusan lain yang selalu diperebutkan dalam pendaftaran perguruan tinggi adalah jurusan ilmu politik. Jurusan ini sangat cocok untuk kamu yang tertarik dengan dunia politik tetapi jangan khawatir karena kamu tidak akan membahas politik secara terus-menerus. 

Kamu akan mempelajari kemampuan dasar seperti antropologi, HAM, geopolitik, sosiologi, hingga beragam sistem politik yang ada di negara-negara seluruh dunia. Prospek kerja jurusan ini tidak hanya sebagai politikus saja, pekerjaan lain yang bisa kamu pilih seperti analis politik, peneliti, hingga dosen di perguruan tinggi. 

4. Ilmu Hukum 

Ilmu hukum menjadi salah satu jurusan yang hampir ada di setiap perguruan tinggi mengingat peminatnya yang sangat tinggi dari siswa IPS. Jurusan ilmu hukum selalu menerima mahasiswa dalam jumlah cukup besar, meski begitu lebih banyak orang tidak beruntuk bisa masuk di jurusan ini. 

Di jurusan ilmu hukum, akan ada beberapa peminatan yang akan memfokuskan pembelajaran pada beberapa bidang hukum seperti pidana dan perdata. Secara umum, mata kuliah yang akan kamu terima seperti hukum agraria, ilmu negara, filsafat hukum, hingga hukum dagang. 

Potensi jurusan hukum di dunia kerja juga terbilang sangat lebar mengingat posisinya yang fleksibel di berbagai bidang kerja. Kamu bisa menjadi pengacara, hakim, konsultan hukum, hingga bekerja di perusahaan sebagai pengamat hukum yang berlaku. 

5. Ekonomi  

Mirip seperti jurusan manajemen, jurusan ekonomi juga masih menjadi pilihan utama bagi siswa IPS hingga sekarang. Jurusan ini akan mempelajari tentang bagaimana cara mengelola suatu sumberdaya untuk kepentingan umum.  

Satu hal penting yang akan kamu pelajari berkaitan dengan bagaimana pola pikir dan pengambilan keputusan paling menguntungkan untuk memanfaatkan sebuah potensi sumberdaya. Ada beragam ilmu lain di dalamnya seperti akuntansi, analisis keuangan, hingga ilmu untuk menentukan skala prioritas terhadap sesuatu.  

6. Psikologi 

Jika kamu suka membaca bagaimana perilaku manusia, jurusan psikologi bisa jadi jurusan terbaik untuk kamu. Banyak orang salah mengira jurusan ini sebagai cenayang yang bisa mengerti berbagai hal tanpa proses tertentu padahal ada teori yang diterapkan di dalamnya. 

Kamu perlu memiliki empati tinggi terlebih dahulu sebelum masuk ke jurusan ini karena kamu akan lebih banyak memperhatikan manusia selama kuliah. Jurusan ini kerap dikaitkan erat dengan kesehatan mental dan di dalamnya ada banyak hal yang lebh jauh lagi. 

Beberapa hal yang akan dipelajari seperti psikologi klinis, psikologi budaya, hingga psikologi konsumen. Ada banyak prospek kerja dari jurusan ini mulai dari sebagai psikolog, HRD (human resource department) sebuah perusahaan, hingga menjadi market research

7. Ilmu Administrasi 

Jurusan lain yang selalu jadi primadona bagi anak IPS yaitu jurusan ilmu administrasi baik itu fiskal, negara, hingga bisnis. Saat ini, jurusan ilmu administrasi sudah terbagi secara spesifik langsung sejak awal masa kuliah jadi proses pembelajaran akan lebih mengerucut lagi. 

Secara garis besar jurusan ini akan berfokus pada perencanaan, pengorganisasian, dan juga pengendalian pada sebuah instansi demi mencapai sebuah tujuan. Prospek lulusan ilmu administrasi bisa bekerja di berbagai bidang mulai dari manajemen perusahaan, staf pemasaran, konsultan, hingga sebagai pegawai negeri.  

8. Jurnalistik 

Kamu yang suka menulis dan mencari hal baru pasti akan tertarik dengan jurusan jurnalistik dengan popularitasnya yang tinggi. Jurusan ini kembali menjadi primadona terkait dengan perkembangan media dan internet yang sangat tinggi dalam beberapa tahun terakhir.  

Beberapa hal yang akan kamu pelajari akan berpusat pada dunia jurnalistik seperti analisis media, creative writing, hingga pelajaran terkait jenis-jenis tulisan yang ada. Propsek kerja jurusan jurnalistik tidak hanya sebagai wartawan saja tetapi kamu juga bisa menjadi analis, editor, penulis, hingga bekerja di industri kreatif sebagai writer. 

9. Hubungan Internasional 

Jurusan lain yang juga terkenal untuk anak IPS yaitu hubungan internasional yang mirip seperti ilmu komunikasi tetapi lebih spesifik pada interaksi antar negara. Jurusan ini cocok untuk kamu yang kerap mengikuti berbagai hal terkait dengan isu-isu internasional. Kamu akan ditempa untuk melihat sebuah isu secara objektif dengan berbagai aspek di dalamnya. 

Beberapa mata kuliah yang akan kamu terima seperti organisasi internasional, hukum humaniter, komunikasi internasional, hingga migrasi global. Ada berbagai pekerjaan yang cocok dengan jurusan ini mulai dari jurnalis, aktivis NGO, duta besar, hingga peneliti.  

10. Ilmu Sejarah 

Terakhir ada jurusan ilmu sejarah yang mempelajari berbagai hal terkait sebuah kejadian di masa lalu. Mata kuliah di jurusan ini terkenal sangat seru untuk kamu yang memang tertarik dengan sejarah dunia seperti sejarah perkotaan, militer, hingga sejarah agraria. 

Kamu akan memiliki pola pikir baru dalam memandang sebuah sejarah yang terjadi hingga bisa menemukan sebuah pelajaran untuk kehidupan di masa depan. Prospek kerja jurusan ilmu sejarah seperti sejarawan, budayawan, guru, hingga peneliti. 

Jurusan IPS memiliki banyak sekali pilihan menarik dengan prospek kerja yang sangat luas ke depannya. Kamu perlu menemukan satu jurusan yang sesuai dengan minat kamu sehingga selama kuliah, kamu akan menikmati dan memperoleh berbagai ilmu penting untuk kehidupan! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *