Informasi terbaru dunia kampus, mahasiswa, beasiswa, lowongan dan karier

Kuliah Kelas Karyawan, Solusi untuk Kamu yang Ingin Kuliah Sambil Bekerja! 

Happy group of students sitting at the park talking

Biaya kuliah atau pendidikan tinggi tidak lagi semurah biaya sekolah di jenjang sebelumnya mulai dari Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas. Ketika hendak melanjutkan ke jenjang kuliah, tidak jarang seseorang harus sambil bekerja, apakah kamu salah satunya? Jangan khawatir, sekarang sudah ada banyak universitas yang membuka kelas karyawan. 

Program kuliah kelas karyawan bisa menjadi alternatif terbaik untuk kamu yang hendak melanjutkan studi tetapi juga harus sambil bekerja. Melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi memiliki berbagai manfaat seperti meningkatkan keterampilan dan kualifikasi untuk mendapatkan jenjang karir yang lebih baik ke depannya.  

Tidak dapat dipungkiri, sampai saat ini tenaga kerja yang berpendidikan masih menjadi salah satu elemen penting di berbagai industri. Banyak industri yang memiliki kualifikasi khusus untuk bisa berkarir di dalamnya, tidak hanya melalui belajar secara otodidak saja. Program kelas karyawan di desain khusus untuk para pekerja supaya bisa melaksanakan pendidikan tinggi di saat padatnya jadwal kerja.  

Apa itu Kelas Karyawan? 

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kelas karyawan adalah program pendidikan tinggi yang kurikulum dan proses belajar mengajarnya dirancang secara khusus untuk mahasiswa yang sedang bekerja. Program ini memberikan kualitas belajar mengajar yang sama dengan kelas reguler hanya saja pendidikannya dilangsungkan pada hari tertentu seperti akhir pekan. 

Kelas karyawan juga memiliki tenaga pengajar profesional yang sudah terkualifikasi sama dengan program kelas reguler. Perbedaan utama dengan kelas reguler terletak pada jadwal kuliah yang hanya berlangsung di luar jam kerja karyawan pada umumnya. Hal ini dilakukan supaya proses kuliah tidak akan mengganggu jadwal kerja nantinya. 

Sistem Kuliah Kelas Karyawan 

Kamu yang tertarik untuk ikut di dalam kelas karyawan sebaiknya pahami terlebih dulu bagaimana sistem kuliah yang ada di dalamnya. Berikut ini gambaran kecilnya: 

1. Jadwal Kuliah 

Secara garis besar, setiap kelas karyawan memiliki jadwal pertemuan di luar jam kerja kantor meskipun kebijakan setiap kampus mungkin berbeda. Ada kelas karyawan yang pertemuannya pada hari Senin hingga Sabtu setelah jam kerja, sekitar pukul 17.00-23.00. 

Ada juga yang dilakukan secara full day pada waktu weekend dengan dua kali pertemuan. Terakhir ada lagi kampus yang melaksanakan program ini dengan online learning penuh atau blended dengan tambahan satu kali tatap muka setiap bulan. 

2. Biaya Kuliah 

Kelas karyawan dengan fleksibilitas di dalamnya memiliki biaya kuliah yang relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan kelas reguler. Biasanya, kelas karyawan akan mendapatkan biaya tambahan dari kelas reguler sebesar 100 hingga 500 ribu. Jangan khawatir, ada juga beberapa universitas yang mengadakan kelas karyawan dengan biaya kuliah yang lebih murah. 

3. Materi Kuliah dan Kualitas  

Kamu akan mendapatkan materi yang relatif sama dengan kuliah kelas reguler namun akan ada beberapa penyesuaian tersendiri. Hal ini mengingat jadwal belajar mengajar yang terbatas dan aktivitas padat, jadi setiap materi akan berisikan hal penting. 

Kualitas pengajaran di kelas karyawan saat ini sudah sangat kredibel apalagi beberapa tenaga pengajar juga kerap merupakan pengajar di universitas ternama. Tidak ada perbedaan dari segi ijazah antara menempuh kelas reguler atau kelas karyawan, keduanya diakui setara. 

4. Masa Studi 

Masa studi kelas karyawan pada umumnya didesain sama dengan masa studi yang ditempuh kelas reguler. Bergantung pada program yang diambil, lulusan S1 bisa menamatkan studi dalam waktu 4 tahun dan program D3 terbilang lebih sebentar yaitu sekitar 3 tahun. Beban kredit yang harus ditempuh juga sama yaitu 144 SKS untuk S1 dan 104 SKS untuk D3. 

Keuntungan Ikut Kelas Karyawan 

Masyarakat mungkin masih belum terbiasa dengan program kelas karyawan meski begitu program ini menyediakan banyak keunggulan daripada program kuliah reguler. Perkembangan teknologi juga membuat kelas karyawan menjadi lebih baik meski di tengah jadwal kerja. Berikut ini keuntungan jika kamu mengikuti kelas karyawan: 

1. Jam Kuliah Fleksibel 

Keuntungan paling utama dari kelas karyawan tentu saja yaitu jam kuliahnya yang sangat fleksibel. Kamu akan menemukan jadwal kuliah lebih sedikit daripada program reguler yang sering memaksa kamu menghadiri kelas sejak pagi hingga sore atau bahkan malam hari.  

Jadwal kuliah kelas karyawan sebenarnya bergantung pada kebijakan universitas tetapi umumnya, jadwal tidak akan mengganggu hari efektif untuk bekerja. Waktu kuliah juga bergantung pada kebijakan universitas, ini tentu saja akan jauh meringankan kamu sebagai mahasiswa.  

Kamu tinggal mengatur bagaimana manajemen waktu kamu dan menyeimbangkan waktu untuk bekerja dan kuliah. Jam kuliah yang fleksibel ini juga sering menjadi daya tarik tersendiri bagi orang yang belum bekerja untuk mengikuti kelas karyawan. 

2. Kuliah dari Mana Saja 

Perkembangan teknologi beberapa waktu terakhir di dunia pendidikan terbilang sangat pesat termasuk di bangku perkuliahan. Kelas karyawan di beberapa universitas telah diprogram untuk sepenuhnya dilaksanakan secara online. Program ini tentunya akan semakin memudahkan kamu supaya tidak terlalu pusing bagaimana mengatur jadwal menghadiri kelas. 

Tidak ada lagi terburu-buru untuk menghadiri kuliah selepas bekerja dengan adanya program kelas online ini. Kamu hanya perlu mempersiapkan device baik itu smartphone atau laptop kemudian masuk ke kelas online yang ada.  

3. Pilihan Prorgam Studi Beragam 

Dulu, banyak orang enggan memilih kelas karyawan karena pilihan program studi di dalamnya sangat sedikit, jauh jika dibandingkan dengan kelas reguler. Saat ini, sudah ada banyak pilihan program studi yang mulai dikembangkan dengan metode kelas karyawan ini. Kamu bisa menemukan program studi yang cocok dengan bakat dan minat kamu dengan lebih mudah sekarang ini.  

4. Biaya Kuliah Bisa Dicicil 

Masalah keuangan kerap menjadi penghambat untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi dan kelas karyawan ini memiliki solusi tersendiri. Biaya kuliah kelas karyawan bisa dibayarkan dengan sistem cicilan setiap bulannya sehingga bisa memudahkan setiap mahasiswa di dalamnya. 

5. Tidak ada Batasan Umur 

Kuliah reguler memiliki persyaratan maksimal umur ketika mendaftar tetapi tidak dengan kelas karyawan. Meskipun sudah berusia cukup, kamu tetap bisa menempuh perkuliahan secara normal di program ini.  

6. Materi Kuliah yang Disesuaikan 

Sedikit perbedaan lainnya dari kelas karyawan yaitu materi yang ada di dalamnya sudah mengalami pengkajian khusus dan disesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja. Meskipun di tengah sibuknya bekerja, kamu akan mendapatkan materi yang mudah dipahami. Selain itu, materi di dalamnya juga sudah sesuai dengan yang ada di dunia kerja, jadi lebih mudah untuk diaplikasikan. 

Kelas karyawan bisa menjadi pilihan studi yang bagus meskipun kamu sudah mendapatkan sebuah pekerjaan. Tidak ada yang salah dengan melanjutkan pendidikan bahkan ini bisa menjadi jalan kamu untuk mendapatkan jenjang karir yang lebih baik. Sekarang, tinggal bagaimana kamu mengatur keuangan dan waktu untuk mengambil kelas karyawan ini! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *