Informasi terbaru dunia kampus, mahasiswa, beasiswa, lowongan dan karier

8 Jurusan Kuliah Terpopuler untuk Anak IPA 

Untuk kamu yang sudah memasuki bangku kelas 12 SMA (Sekolah Menengah Atas), pasti tengah kebingungan memilih jurusan kuliah nantinya. Memilih jurusan kuliah tidak hanya sekedar memutuskan akan melanjutkan ke jurusan apa kamu nantinya tetapi juga tentang menentukan bidang apa yang akan kamu minati setelah kuliah selesai. 

Siswa kelas 12 peminatan IPA memiliki berbagai pilihan yang pasti membuat kamu kebingungan memilih jurusan. Kamu harus melihat apa saja bakat dan minat yang kamu miliki kemudian menyesuaikan dengan jurusan yang hendak dipilih. Bingung akan memilih jurusan apa? Berikut ini beberapa jurusan kuliah untuk anak IPA terfavorit untuk kamu! 

1. Pendidikan Dokter 

Tidak mengherankan lagi, pendidikan dokter masih menjadi salah satu jurusan terfavorit bagi kebanyakan siswa IPA. Jurusan ini mempelajari berbagai hal terkait tubuh manusia terutama berkaitan dengan penyakit hingga metode penyembuhan dan obat-obatan yang cocok.  

Dua hal paling penting yang akan kamu pelajari di jurusan pendidikan dokter ini yaitu bagaimana menjaga kesehatan manusia dan bagaimana mengatasi seseorang yang tengah mengalami cedera atau sakit. 

Mahasiswa di jurusan ini diharuskan untuk memahami berkaitan dengan anatomi seluruh tubuh manusia, sistem kerja, penyakit, dan pengobatannya. Jika menjadi mahasiswa pendidikan dokter, kamu tidak hanya akan belajar tentang teori-teori saja tetapi juga bagaimana praktik langsung dan berinteraksi dengan pasien. 

Prospek kerja jurusan ini masih sangat terbuka lebar baik sebagai dokter umum atau kamu bisa melanjutkan pendidikan untuk mengambil profesi spesialis. Jika kamu sangat suka pelajaran biologi, maka jurusan ini akan sangat cocok untuk kamu pilih. 

2. Ilmu Gizi

Beberapa orang mungkin memandang remeh jurusan ilmu gizi ini padahal jurusan ini memiliki banyak sekali peminat dari siswa IPA. Jurusan satu ini akan mempelajari bagaimana gizi manusia dan pengaruhnya terhadap pertumbuhan dan perkembangan hingga kualitas seorang individu.  

Ilmu gizi juga akan mempelajari beberapa bidang terkait seperti ekonomi, sosial, budaya, hingga bidang pertanian. Satu hal paling penting dari jurusan ini yaitu kamu akan memiliki kemampuan untuk membuat perencanaan perbaikan gizi hingga sebagai konsultan gizi. 

Prospek kerja jurusan masih terbuka lebar sebagai ahli diet dan nutrisi, praktisi gizi, hingga bekerja di rumah sakit sebagai perancang menu pasien. Dua bidang ilmu yang akan banyak kamu pelajari yaitu bidang biologi dan juga kimia. 

3. Astronomi

Jurusan lainnya yang hingga saat ini menjadi favorit banyak siswa yaitu jurusan Astronomi yang salah satunya ada di Institut Teknologi Bandung. Di jurusan ini ada banyak bidang yang bisa kamu pelajar tentang perbintangan dan lebih terperinci lagi. Ada tiga sub kajian utama di jurusan astronomi yaitu galaksi dan kosmologi, tata surya, dan fisika bintang. 

Jurusan Astronomi ini akan mempelajari juga ilmu kalkulus, fisika kuantum, hingga mekanika dan geometri yang diterapkan dalam ilmu perbintangan. Kamu juga akan mempelajari sifat fisik evolusi dari alam semesta ini secara keseluruhan. Ada banyak prospek kerja untuk kamu mulai dari menjadi peneliti ruang angkasa, ilmu kelautan, hingga ilmu atmosfir. 

4. Farmasi 

Jurusan lainnya yang cukup populer yaitu farmasi, salah satu jurusan berkenaan dengan keilmuan terkait obat-obatan serta pendukung lainnya. Kamu akan mempelajari bagaimana struktur dari senyawa obat sekaligus bagaimana cara paling efisien untuk memulai mensitesisnya hingga layak dikonsumsi manusia. 

Pelajaran di jurusan ini kebanyakan berasal dari ilmu kimia berhubungan dengan struktur senyawa. Lulusan jurusan farmasi diharapkan bisa menjadi seorang ahli yang bisa mencampur, menganalisis, hingga membuat obat dengan standar tertentu yang sudah ditetapkan. Prospek kerja utama jurusan ini mulai dari bekerja di bidang industri obat-obatan hingga apoteker. 

5. Teknologi Pangan 

Kamu juga bisa memilih jurusan teknologi pangan dengan bidang yang mempelajari perihal bagaimana memproduksi produk makanan. Tidak hanya memproduksi pangan, tetapi jurusan ini juga harus memiliki kemampuan untuk memastikan keamanan pangan hingga sampai di tangan konsumen nantinya.  

Dua mata pelajaran penting dalam jurusan ini yaitu perihal mempelajari komponen biologis serta susunan kimiawi di dalam makanan berikut efeknya untuk tubuh manusia. Teknologi pangan juga akan mempelajari dimanika konsumsi makanan akan berpengaruh terhadap kehidupan baik dari sisi psikologi, ekonomi, hingga kultur. Prospek jurusan ini yaitu peneliti pangan dan bagian quality control. 

6. Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) 

Untuk kamu yang tertarik bekerja di bawah sebuah perusahaan terutama di bidang konstruksi jurusan K3 ini sangat cocok untuk kamu coba. Seperti namanya, Kesehatan dan Keselamatan Kerja akan mempelajari bagaimana resiko serta bahaya di sebuah tempat kerja. 

Kamu akan belajar banyak hal terkait penanganan, langkah pencegahan untuk mengurangi resiko yang mungkin terjadi. Prospek jurusan ini masih terbuka sangat lebar sebagai konsultan K3 di berbagai perusahaan besar. 

7. Matematika 

Meskipun jurusan satu ini sudah ada sejak dulu, hingga sekarang pun matematika selalu menjadi jurusan yang menarik untuk dipilih. Banyak siswa memilih matematika sebagai jurusan ketika kuliah mengingat fleksibilitas jurusan yang sangat tinggi. Tidak hanya belajar perihal matematika murni, ada juga materi terkait aplikasi pada bidang-bidang tertentu.  

Di matematika, beberapa mata kuliah wajib yang harus mahasiswa pilih seperti algoritma, matematika statistik, hingga pemrograman. Jurusan matematika di tingkat universitas akan lebih berfokus pada teori dasar bagaimana sebuah rumus bisa tercipta hingga mempelajari pembuktian berbagai teori yang ada.  

Beberapa peminatan yang ada di jurusan matematika yaitu riset operasi, permodelan, keuangan dan aktuaria, statistik, dan sebagainya. Setiap kampus memiliki berbagai peminatannya sendiri dan mungkin berbeda satu sama lain jadi kamu harus pandai memilih universitas. Propspek jurusan matematika masih sangat terbuka lebar mulai di bidang keuangan hingga komputasi. 

8. Teknik Pertambangan 

Satu jurusan yang selalu menarik minat banyak siswa yaitu teknik pertambangan mengingat potensi kerja yang menggiurkan. Jurusan ini sebenarnya merupakan salah satu turunan fakultas teknik yang berfokus pada eksplorasi dan juga eksploitasi beragam bahan tambang seperti emas hingga gas alam.  

Dua pelajaran yang mendasari jurusan ini yaitu fisika dan kimia, kamu akan banyak belajar terkait proses-proses pertambangan. Kegiatan yang akan kamu lakukan di jurusan ini seperti penyelidikan tambang, pengolahan hasil tambang, pengangkutan, hingga kegiatan eksplorasi. 

Seperti yang banyak orang ketahui, jurusan pertambangan memang memiliki prospek kerja menggiurkan dengan gaji tinggi. Kamu bisa menjadi ahli tambang dan geologi, bergabung dengan berbagai perusahaan tambang, ahli perminyakan, hingga ahli teknik energi. Meski prospek kerja jurusan ini sangat bagus, persaingan untuk bisa masuk juga akan lebih tinggi. 

Pemilihan jurusan untuk kuliah saat ini berbeda dengan masa lalu mengingat tren pekerjaan dan prospek kerja juga sudah mulai bergeser. Sebelum memilih jurusan, pastikan kamu terlebih dulu mengenal bagaimana mata kuliah yang nantinya akan kamu pelajari. Ini sangat penting supaya nanti kamu tidak lagi terkejut atau merasa salah jurusan.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *