Informasi terbaru dunia kampus, mahasiswa, beasiswa, lowongan dan karier

10 Pekerjaan Freelance yang Paling Diminati Saat Ini

Foto: iStock/Pondsaksit

Menjadi seorang freelancer adalah sebuah keputusan yang tepat saat kamu ingin menikmati pekerjaan yang fleksibel. Freelancer atau pekerja lepas adalah pekerjaan yang berbasis kontrak. Jadi kamu bisa menentukan pelayanan jasa berdasarkan passionmu dan menjadi sebuah pekerjaan. Kamu menawarkan keterampilan dan pengalaman kepada klien sesuai dengan perjanjian kontrak di antara keduanya. 

Keuntungan dan Tantangan Menjadi Freelancer

Ada banyak keuntungan ketika kamu memutuskan untuk menjadi freelancer. Beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan di antaranya adalah: 

  1. Jam kerja yang fleksibel
  2. Memiliki kontrol atas kontrak atau pekerjaan dengan klien
  3. Bekerja dari mana saja dan kapan saja
  4. Bebas memilih klien
  5. Mampu mengatur keseimbangan antara kehidupan personal dan profesional

Namun, selain keuntungan yang kamu dapatkan di atas, kamu juga harus siap dengan tantangan yang akan kamu hadapi saat menjadi seorang freelancer. Di antara tantangan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Kebebasan kadang bisa menjadi kesulitan
  2. Pemasukan yang tidak pasti dan stabil
  3. Bersaing dengan freelancer lain dengan ketat dan kompetitif
  4. Pembayaran seringkali terlambat
  5. Tidak ada tunjangan kerja

Pekerjaan Freelance yang Paling Diminati

Memang kemudahan yang didapatkan selalu sepaket dengan tantangan yang harus dihadapi terlebih dahulu. Kelima poin di atas cukup menggambarkan bagaimana nantinya karir sebagai freelancer akan kamu jalankan. Semua tergantung dengan dirimu yang mengaturnya. Bagaimana? Apakah masih tertarik untuk menjalani profesi ini? Kalau masih, berikut ini adalah 10 pekerjaan freelance yang paling diminati dan bisa kamu coba untuk apply sesuai dengan passionmu. 

  1. Freelance Writer

Pekerjaan freelance pertama yang paling diminati saat ini adalah seorang penulis. Di masa pandemi telah banyak perubahan yang terjadi, terutama di dunia digital. Perusahan, startup, dan banyak pihak yang kemudian beralih ke dunia online untuk kepentingan mereka. 

Profesi penulis dibutuhkan perusahaan untuk membantu mereka dalam pembuatan konten, seperti artikel, blog, newsletter, iklan, dan menulis konten di media sosial mereka. Jika kamu punya hobi menulis, kamu bisa coba peluang ini. Apalagi kamu bisa memanfaatkan media sosialmu dan situs freelance untuk menjangkau klien yang membutuhkan jasamu. 

  1. Freelance Editor

Selain penulis, seorang editor juga banyak dibutuhkan untuk menghasilkan konten-konten yang baik dan menarik. Kedua profesi ini saling berhubungan. Editor tugas utamanya adalah melakukan penyuntingan, mengulas tulisan yang dihasilkan penulis agar tulisan yang dipublikasikan sesuai dengan ketentuan kebahasaan dan tujuan dari perusahaan. 

Selain itu, kemampuan editor untuk menyesuaikan bahasa, gaya penulisan, dan mengatur agar sesuai dengan target pembaca sangat diperlukan di sini. Seorang editor perlu punya semangat belajar, banyak membaca, dan menulis juga. Utamanya menguasai aturan kebahasaan, PUEBI, dan kosakata yang sesuai dengan KBBI. sehingga konten yang dihasilkan akan semakin baik. 

  1. Content Creator

Dunia media sosial saat ini semakin berkembang dengan pesat. Banyak bermunculan para content creator yang menghasilkan karya yang luar biasa. Apalagi generasi Z yang sudah akrab dengan dunia digital utamanya media sosial. Mereka berlomba-lomba untuk menghasilkan konten yang berkualitas. 

Keahlian kamu ini bisa dimanfaatkan untuk menjadi seorang freelance content creator. Tugasmu adalah seputar mencari ide, kemudian data-data yang relevan dengan konten perusahaan, meriset konten untuk promosi. Kamu bisa mengasah kreativitasmu dan menghasilkan konten yang sesuai dengan apa yang diinginkan perusahan. Selain mendapat kepuasan dari hobimu itu, kamu juga bisa dapat penghasilan lho. Keren kan.

  1. Desain Grafis

Buat kamu yang suka desain, suka melibatkan diri dalam pembuatan logo, poster, infografis, dan punya banyak portofolio karya soal desain grafis, kamu bisa coba freelance ini. Buat kamu yang suka bereksperimen dengan canva, inkscape, photoshop, corel draw, nah cocok sekali profesi ini dengan dirimu.

Kamu bisa membuat portofoliomu lebih menarik dengan menampilkan karya-karya yang sudah kamu buat sebelumnya. Buatlah akun di situs freelance dan tawarkan jasamu untuk desain grafis. Ada banyak peluang kamu mendapatkan klien. Apalagi tampilan visual yang bagus itu selalu menarik untuk sebuah konten, pasti keahlianmu ini akan sangat dibutuhkan. Jadi cobalah peluang yang ada. 

  1. Web Developer

Jenis pekerjaan freelance yang satu ini sangat cocok buat kamu para lulusan IT atau yang menguasai bahasa pemrograman seperti Java, JavaScript, dan Python . Apalagi saat ini banyak perusahaan yang ingin mengembangkan bisnis maupun membranding perusahaan secara digital, dibutuhkan web developer yang membantu hal ini. Bayarannya juga lumayan tinggi. 

  1. Data Entry

Data Entry adalah sebuah pekerjaan freelance yang bersifat administratif. Tugas seorang data entry adalah membantu perusahaan untuk memproses informasi, yaitu dengan mengambil data dari formulir, non dokumen, maupun rekaman suara. Nah data ini nantinya akan dimasukkan ke dalam sistem komputer dan memastikan tersimpan secara akurat dan efisien. Buat kamu yang suka dengan hal–hal semacam ini, bisa dicoba. 

  1. Digital Marketer

Profesi digital marketer di dunia yang serba digital seperti sekarang ini tentu sangat dicari oleh perusahaan. Semua orang ingin memperluas pasar secara online. Buat kamu yang jago banget soal strategi digital marketing, menguasai tools untuk memperluas market, paham search engine marketing (SEM), SEO, dan tools lainnya profesi ini sangat cocok untukmu. Apalagi kamu yang suka main media sosial, tak ada salahnya untuk memanfaatkan hal itu dan belajar mengenai digital marketing. Hobimu bisa jadi profesi lho.

  1. Editor Foto dan Videografer

Kreativitas digital juga tak luput membuat pekerjaan editor foto dan videografer mendapat job besar di era sekarang ini. Pekerjaan ini sangat membantu siapa saja yang ignin membuat foto atau video promosi sebuah perusahaan, undangan acara pernikahan, dan lain-lain. 

  1. Voice Over

Voice over adalah teknik produksi dengan merekam suara berdasarkan narasi dari naskah yang telah tersedia. Tujuannya adalah menceritakan sebuah cerita atau menjelaskan informasi. Hasil rekaman ini umumnya digunakan untuk iklan di televisi, radio, berita, profil perusahaan, video dokumenter, maupun di youtube. Kamu yang punya bakat terpendam soal ini, bisa dikeluarkan dan dengan itu bisa jadi lho kamu memperoleh pekerjaan. 

  1. Translator

Pekerjaan freelance terakhir yang bisa kamu coba dan sekarang lagi banyak diminati adalah translator. Kamu yang menguasai bahasa asing dengan baik bisa mencoba peluang ini. Perusahaan-perusahaan besar sangat membutuhkan jasa seorang translator untuk menerjemahkan dokumen penting mereka. Demikian tadi informasi seputar pekerjaan freelance yang diminati saat ini. Kamu bisa coba salah satunya yang cocok dengan skill dan keahlian kamu. Menjalankan hobi sekaligus menjadi profesi adalah hal yang sangat menyenangkan bukan? Selamat mencoba 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *