Informasi terbaru dunia kampus, mahasiswa, beasiswa, lowongan dan karier

Ingin Jadi Freelance Writer Sukses? Simak 5 Tips Berikut Ini

Freelance writer menjadi salah satu pekerjaan yang diminati saat ini, terlebih dapat dikerjaan secara remote dari rumah. Biasa disebut juga dengan istilah digital nomad, karena pekerjaan ini dapat dilakukan di mana saja asalkah ada internet dan laptop/pc. 

Apakah kamu termasuk orang yang sudah lama mengenal pekerjaan ini? Jika kamu masih pemula dan ingin tahu lebih banyak mengenai hal ini, artikel ini mungkin cocok untukmu. Apalagi jika kamu tertarik untuk menjadikan ini sebagai profesi di masa depan. Tak salah lagi, kamu perlu tahu tips-tips yang akan dibagi di sini. 

Mengenal Profesi Freelance Writer

Ternyata menjadi seorang freelance writer bukan hanya menulis sesuka hatinya. Ada beberapa macam jenis freelance writer  yang bisa ditekuni menjadi pekerjaan profesional, di antaranya adalah berikut ini:

1. Technical Writer

Profesi ini  sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Penulis technical writer biasanya menulis secara khusus tentang deskripsi produk, membuat instruksi, panduan penggunaan barang, dan lain-lain. Tugas utamanya adalah memberikan penjelasan tentang hal yang berkaitan dengan teknis. Beberapa jobdesk yang dilakukan oleh technical writer adalah membuat manual, cara pembuatan, cara kerja, maupun cara penggunaan dari suatu produk. 

2. Ghostwriter

Penulis ghostwriter seperti sebutannya, profesi ini biasanya menulis untuk orang lain dan tidak diketahui siapa penulisnya. Jadi kredit atas karyanya ditulis sebagai tulisan orang lain. Freelance writer satu ini biasa menulis konten artikel, buku, dan blog dari klien. Ada juga klien yang meminta untuk menuliskan autobiografi mereka

3. Web Content Writer

Web content writer menulis konten untuk perusahaan, blog, hingga media sosial. Tugas spesifiknya membuat konten dan membantu mengarahkan lalu lintas situs yang dikelola agar mengalami peningkatan traffic. 

Menjadi seorang professional writer bukan hanya punya keahlian menulis, tetapi juga perlu mempelajari skill yang lain. Seperti editing, SEO writing, digital marketing,  dan juga memiliki manajemen waktu yang baik. Profesi ini bisa menjadi karir yang sangat jmenjanjikan jika kamu bisa memperoleh banyak proyek. 

Tips Menjadi Freelance Writer Sukses

Nah, untuk menjadi freelance writer yang sukses, beberapa  tips yang bisa kamu pelajari untuk mengupgrade skillmu. Berikut ini 7 tips yang bisa kamu pelajari untuk terjun menjadi freelance writer yang sukses. 

1. Siapkan Portofolio Tulisan

Portofolio tulisan menjadi bagian penting dari cv seorang freelance writer. Portofolio ini akan menunjukkan seberapa besar pengalaman menulis yang kamu lakukan. Ini akan menjadi bukti kepada perusahaan dan calon klien agar tertarik dengan jasa yang kamu tawarkan. Maka kamu perlu menyiapkan portofolio tulisan terbaik  dan menarik. 

Kamu bisa membuat portofolio di media sosial, blog, dan beberapa platform yang dapat menjadi wadah untuk karya tulisanmu. Dengan begitu, jika seseorang membutuhkan jasamu dan relevan dengan yang kamu tuliskan, mereka akan mencarimu. Kamu juga bisa memperlihatkan portofolio onlinemu di situs seperti linked ini untuk memperoleh proyek baru dari klien. 

2. Rajin-Rajinlah Membaca 

Menulis dan membaca adalah satu paket yang tidak bisa dipisahkan. Dengan rajin membaca, kamu akan memiliki banyak kosakata baru yang dapat meningkatkan kualitas dari tulisanmu. Perkaya wawasan yang menunjang karirmu di dunia penulis profesional, seperti freelance writer yang ingin kamu geluti saat ini. 

Gaya bahasamu akan semakin terasah dengan bahan bacaan baru. Rajin membaca buku, artikel lain yang sejenis dengan apa yang kamu tulis, dan belajar hal-hal yang dapat mengasah skillmu pasti akan sangat membantu karirmu ke depan. Jika perlu, kamu punya targetan membaca setiap harinya. Entah membaca koran, berita, atau yang lainnya. Setidaknya setiap hari ada bahan bacaan baru yang memperkaya wawasanmu. Sehingga hal ini menjadi kebiasaan yang melekat di dalam dirimu. 

3. Daftar di Website Freelance

Kamu bisa memanfaatkan website freelance untuk mendapatkan proyek menulis dari klien. Ada banyak website yang menyediakan wadah untuk para freelancer memperoleh proyek dan terhubung dengan klien yang membutuhkan jasa mereka. Beberapa situs yang bisa kamu coba di antaranya ada freelancer Indonesia, sribulancer, fiverr, fastwork, upwork, toptal, 99design, dan masih banyak lagi.

Maksimalkan profilmu di sana dan cantumkan portofolio dan keahlianmu untuk menarik klien baru. Jangan lupa juga menuliskan harga dari setiap artikel yang kamu tulis. Jika ada pihak yang tertarik dan cocok dengan apa yang kamu tawarkan, akan ada yang menghubungimu. Jika beruntung, kamu akan dapat banyak proyek di sana. 

4. Disiplin Waktu 

Salah satu kemudahan yang bisa kamu rasakan menjadi seorang freelancer adalah fleksibilitas dalam bekerja. Namun, kemudahan ini bisa jadi boomerang juga buat kamu jika tidak bisa memanajemen waktu dengan baik. Biasanya akan ada timeline atau deadline dari permintaan klien yang harus kamu selesaikan tepat waktu. Jika kamu tidak disiplin pada target yang telah ditetapkan, maka satu per satu kleinmu akan hilang dan tidak mau lagi memakai jasamu. Tanggung jawab jadi terbengkalai karena tidak sesuai target. 

Selain itu, disiplin waktu juga diperlukan untuk kamu memperkirakan berapa lama mennyelesaikan satu artikel. Sehingga kamu dapat mengkalkulasikan  berapa target yang bisa kamu selesaikan dari proyek klien. 

5. Asah Skillmu dan Bangun Relasi Lebih Luas Lagi

Menulis bukan hanya menjadi bakat alami yang dimilliki seseorang. Skill itu bisa dilatih. Jadi, supaya tulisanmu lebih berkualitas, kamu perlu melatih dan meningkatkan skill menulismu sesering mungkin. Bahkan targetkan juga sehari untuk menulis. Bagaimana bisa hal ini menjadi profesi jika kamu sendiri tidak meluangkan waktu untuk melatih bakatmu itu? Apalagi jika menulis tergantung dengan mood, pasti susah untuk disiplin pada tanggung jawab menyelesaikan proyek bersama klienmu nanti. 

Beberapa hal yang bisa membantumu untuk mengasah skill sekaligus membangun relasi adalah:

  • Mengikuti kursus online menulis
  • Mengikuti berbagai komunitas menulis
  • Mengisi media sosial dengan portofolio tulisan walaupun ringan
  • Membangun jejaring di media sosial 
  • Membuat karya tulisan bersama

Dikutip dari Crafters, beberapa freelance writer Indonesia yang sukses dalam karirnya di antaranya adalah Leila Chudori, Joko Pinurbo, Adib Hidayat, Reda Gaudiamo, Joan Aurelia, Gloria Christina, Kevindra Soemantri, Prita Apresianti, Lily Marpaung, Sitta Carina,dan masih banyak lagi. Mereka sukses dengan bidang kepenulisan masing-masing. Dan pada akhirnya hobi yang mereka tekuni menjadi sebuah profesi hingga saat ini. Ingin mengikuti jejak mereka? Menjadi freelance writer yang sukses tentunya butuh proses dan waktu yang tidak sebentar. Maka dari itu, kamu perlu mempraktikkan terlebih dahulu 5 tips di atas tadi. Semangat! Semoga menemukan keberhasilan dari apa yang sedang kamu perjuangkan sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *