Informasi terbaru dunia kampus, mahasiswa, beasiswa, lowongan dan karier

11 Situs Freelance Untuk Mahasiswa Biar Tambah Cuan

situs freelance untuk mahasiswa
Ilustrasi freelance. (Jetorbit)

Pekerjaan freelance menjadi pilihan terbaik untuk mahasiswa, sebab waktu yang diperlukan cukup fleksibel dan tidak terikat dengan kontrak perusahaan. Selain itu, penghasilan yang diperoleh pun cukup menggiurkan dan bisa untuk menambah uang jajan.

Di era yang serba digital ini, ada kemudahan yang bisa kamu dapatkan untuk bekerja freelance. Ada berbagai situ yang menyediakan lowongan freelance untuk mahasiswa. Jika kamu tertarik untuk bekerja sebagai freelancer, yuk simak ulasan beserta penjelasan lengkapnya di bawah ini.

1. Freelancer

Situs freelancer.co.id ini berasal dari Australia, meskipun begitu kamu bisa mengaksesnya dalam versi Bahasa Indonesia. Setidaknya ada 550 ribu lebih pengguna dari 247 negara yang menjadi pengguna situs in.

Ada beberapa bidang pekerjaan yang bisa kamu kerjakan melalui situs ini, diantaranya adalah marketing, penerjamah, menulis artikel, membuat contoh soal ujian, desain grafis, marketing, dan IT.

Jika ingin mendaftar di situs ini, kamu harus mempersiapkan beberapa hal seperti akun pembayaran virtual atau kartu kredit. Sebab pembayaran fee pekerja dilakukan melalui sistem pembayaran tersebut. Namun, ada juga free trial yang bisa kamu coba terlebih dahulu sebelum mendaftar sebagai anggota permanen.

2. Projects.co.id

Projects.co.id telah berdiri sejak 2014 silam, hingga kini situs ini menjadi salah satu situs freelance yang paling banyak digunakan di Indonesia.

Pekerjaan freelance di situs ini terdiri dari program komputer, Search Engine Optimization (SEO), surveyor, pembuatan soal, media sosial, dan bidang lainnya. Tak hanya itu saja, kamu juga bisa menjual produk digital seperti data, desain kaos, e-book, desain website, dan lain sebagainya.

Bahkan situs ini memiliki fitur unik yang jarang ada di situs freelance yakni program afiliasi. Fitur ini memberikan kesempatan bagi kamu yang ingin mendapatkan uang dengan mudah. Kamu hanya perlu mengajak teman untuk mendaftar dan bertransaksi menggunakan kode referral, maka kamu akan menerima komisi sekitar 10%-20% dari harga proyek.

3. Sribulancer

Situs yang berdiri tahun 2014 ini merupakan situs hasil karya lokal. Pada situs ini, kamu akan menemukan 160 ribu lebih komunitas freelancer. Sribulancer memberikan jaminan uang dikembalikan kepada klien apabila freelancer tidak mengerjakan pekerjaannya.

Kamu bisa menemukan berbagai bidang pekerjaan pada situs ini, diantaranya adalah penerjemahan, entri data, video, pembuatan soal, fotografi, pengembangan website, dan desain.

Di situs ini, kamu bisa mendaftarkan diri melalui email, lalu mengisi data diri, pengalaman, dan portofolio. Sistem pembayaran yang digunakan pada situs ini juga mudah dan aman karena menggunakan transfer bank dan bisa memilih jenis mata uang.

4. Upwork

Upwork didirikan di California yang merupakan gabungan dari situs Elance dan oDesk. Meskipun begitu situs ini dapat digunakan secara global dan dapat digunakan dengan menggunakan bahasa Indonesia.

Pekerjaan yang biasanya ditawarkan di situs ini adalah penulis, desain, pemasaran, keuangan, hukum dan legalitas, dan arsitektur. Selain pekerjaan, kamu juga bisa meningkatkan skill di situs ini dengan mengikuti tes keahlian tanpa membayar sepeser pun.

Sistem pembayaran yang digunakan pada situs ini adalah hourly rate dan fixed rate. Hourly rate maksudnya adalah pekerjaan dibayar per jam, sementara fixed rate dibayar ketika projek sudah selesai.  

5. Fiverr

Situs ini digunakan oleh semua freelancer di dunia. Proses pengajuan lamaran ke klien dapat kamu lakukan secara terbuka maupun personal melalui chat. Di situ ini, kamu tidak perlu mencari klien tapi cukup dengan mengunggah hasil karya atau portofolio. Kemudian tunggu hingga klien memberikan penawaran.

Kamu dapat mengambil pekerjaan dari berbagai bidang yaitu penulisan, desain grafis, penerjemahan, input data, media sosial, dan asisten virtual. Selain mencari pekerjaan freelance, kamu juga bisa menggunakan fitur pelatihan keahlian secara gratis.

Pembayaran yang digunakan Fiverr adalah mata uang dolar. Jadi bisa jadi tarif yang diperoleh akan lebih besar dibandingkan di situs lainnya.

6. Superprof

Superprof merupakan situs yang tepat bagi kamu yang ingin menjadi freelancer sebagai guru les. Di tahun 2019, situs ini telah digunakan oleh hampir 10 juta pengguna dari 30 negara di dunia.

Situs yang berdiri tahun 2013 ini berfungsi untuk menghubungkan siswa dan guru untuk berbagai pelajaran seperti musik, olahraga, bahasa, dan mata pelajaran sekolah yang biasa diajarkan.

Pembayaran gaji dapat dilakukan dengan berbagai alat pembayaran seperti bank transfer dan e-wallet.

7. PeoplePerHour

Pengguna PeoplePerHour telah mendapatkan uang sekitar Rp2,2 triliun selama berdiri. Situs ini menggunakan Artificial Intelligence (AI) sehingga klien akan menemukan akun kamu sesuai dengan pengaturan profil yang kamu buat.

Beberapa pekerjaan yang biasanya diunggah pada situs ini meliputi konsultan media sosial, desain 3D, marketer, software engineers, dan penulisan artikel SEO. Sebelum mendapatkan pekerjaan, kamu bisa mengunggah 15 proposal kepada klien secara gratis.

8. Fastwork

Fastwork menjadi situs freelance terbesar di Asia Tenggara. Situs Freelance yang telah berdiri sejak tahun 2015 di Thailand ini memiliki pengguna lebih dari 500 ribu pengguna.

Selain itu, Fastwork menyediakan 70 layanan pekerjaan yang terdiri dari desain grafis, penerjemahan, penulisan, programming, marketing, pembuatan soal, dan masih banyak lagi pilihannya.

Jika kamu ingin bergabung di situs ini, kamu harus menunggu pihak Fastwork memverifikasi dan memberikan penilaian pada akunmu. Proses verifikasi tersebut dapat berlangsung selama 2-3 hari. Apabila pengajuan ditolak maka kamu harus merevisi profilmu, sebab jika tidak akun belum bisa ditemukan oleh klien.   

9. Guru

Guru memiliki sekitar 3 juta pengguna dan menjadi situs freelance terpercaya di Indonesia. Sebelum kamu bisa menawarkan jasa kepada klien, pihak Guru akan memverifikasi akun calon freelancer untuk memastikan jika akun tersebut dapat dipercaya.

Situs freelance ini memberikan berbagai penawaran pekerjaan seperti sales, marketing, penerjemah, desain, hingga penulis. Guru menggunakan teknik dari Industrial and Organizational Psychology untuk menempatkan freelance sesuai dengan karakternya.

Website yang awalnya bernama eMoonlighter ini memberikan kebijakan jika semua freelancer akan diberikan feedback secara langsung oleh client. Review yang diberikan akan menjadi patokan untuk projek berikutnya.

10. Toptal

Toptal merupakan situs freelance bergengsi, sebab hanya freelancer dengan kriteria top 3% yang dipilih. Freelancer yang terpilih ini akan mendapatkan klien atau pekerjaan dalam jangka waktu 48 jam.

Pekerjaan yang ditawarkan biasanya adalah desainer, product manager, pengembangan software, dan ahli finance. Beberapa perusahaan besar juga sering mencari freelancer di situs ini, seperti Duolingo, Shopify, USC, dan Bridgestone.

Demikian pembahasan terkait situs freelance untuk mahasiswa yang bisa menambah penghasilan. Jika kamu masih ragu untuk bergabung di situs freelance ini karena tidak memiliki pengalaman, kamu bisa memasukkan beberapa tugas kuliah yang berhubungan dengan bidang yang ingin ditawarkan.

Selain itu, pastikan kamu bisa menyelesaikan setiap pekerjaan yang diberikan klien. Sebab banyak situs freelance yang menerapkan review. Semakin baik review yang kamu peroleh, maka pekerjaan yang akan mencarimu.

Responses (3)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *