Informasi terbaru dunia kampus, mahasiswa, beasiswa, lowongan dan karier

Optimasi LinkedIn, Jobseeker Wajib Tahu!

Foto: istock/hocus-focus

Salah satu tips buat job seeker segera dapat kerja adalah dengan mengoptimasi LinkedIn. Bagi yang belum tahu, LinkedIn diluncurkan pada tahun 2003 lalu yang menyediakan semua orang untuk mencari lowongan pekerjaan atau menemukan para profesional di bidangnya. Singkatnya, LinkedInn bisa menghubungkan para pencari kerja dan perusahaan/perorangan yang sedang mencari pekerjaan.

LinkedIn telah berevolusi menjadi sebuah platform yang berkembang sangat pesat saat ini. Kamu bisa menemukan koneksi pertemanan dengan siapa saja di sini, bahkan platform ini sangat menguntungkan dan dibutuhkan oleh para jobseeker. Siapa tahu dari sini, kamu akan memperoleh pekerjaan impianmu. 

Manfaat yang bisa kamu dapat saat membuat akun LinkedIn :

  1. Membangun profil profesional
  2. Terkoneksi dengan dunia global
  3. Peluang karir yang luas
  4. Menambah skill dan memperlihatkan passionmu
  5. Memperoleh informasi dan inspirasi soal karirmu

Jadi, sudah tahu kan pentingnya untuk mengoptimasi LinkedIn terutama buat jobseeker? Nah, sekarang mari kita belajar buat caranya mengoptimasi LinkedIn. Ikuti langkah berikut ini.

1. Buat Headline yang efektif dan informatif

Headline berisi tentang ringkasan dari dirimu Profil singkat yang membantu orang yang berkunjung di profilmu mengerti secara singkat tentang apa saja yang menarik darimu. Headline inilah yang perlu kamu optimalkan agar para recruiter tertarik untuk membaca profilmu secara lengkap. Tulislah keyword yang tepat dan ceritakan keahlianmu di situ. 

Di bagian about, kamu bisa menuliskan deskripsi singkat tentang dirimu. Bidang keahlian yang kamu kuasai, pengalaman kerja yang relevan dengan keyword karir yang kamu cantumkan di LinkedIn. Selain itu, filosofi atau value yang ada pada dirimu bisa dituliskan di sini. Asalkan tidak berlebihan. Pilihlah keyword yang tepat di bagian ini.

2. Foto Pofil Profesional

Cara optimasi LinkedIn berikutnya adalah cantumkan foto profil profesional yang mewakili dirimu. Hindari memasang foto yang kurang formal atau foto bersama dengan orang lain. LinkedIn ini seperti CV dan portofolio onlinemu. Tampilkan siapa dirimu di foto itu. 

3. Detailkan pengalaman

Pengalaman kerja, program magang/intership, voluntary, publikasi jurnal atau karya, cantumkan secara detail di LinkedIn. Sertakan keterangan terkait dengan peranmu di masing-masing pengalaman kerja. Pilihlah keyword yang menunjukkan angka atau presentase dari penjelasanmu tadi. Supaya impactnya lebih terlihat. 

Misalnya, tulis target penjualan yang berhasil kamu raih selama bekerja di suatu perusahaan atau start up, presentasi digital marketing setelah kamu ikut magang, dll. Jadi recruiter tahu tentang progres dan kapabilitasmu di bidang yang kamu tekuni saat ini. 

4. Cantumkan Skill yang Relevan

Cara optimasi LinkedIn berikutnya adalah mencantumkan skill yang relevan dengan pekerjaan. Ada poin plus yang dilihat ketika skillmu relevan dengan keyword yang kamu cantumkan. Bisa berupa soft skill maupun hard skill yang telah kamu lakukan selama ini. Cantumkan yang perlu saja, jangan semua. Selain itu, kamu bisa meminta rekomendasi skill endorsement dari koneksimu. Ini bisa jadi nilai tambah buat profil kamu di LinkedIn.

5. Minta Rekomendasi dari Rekan LinkedIn

Selain skill endorsement, rekomendasi dari rekan LinkedIn juga bisa menjadi poin plus di profilmu. Misalnya kamu bisa meminta rekan kerja yang pernah bekerja bersamamu untuk menuliskan rekomendasi di profil LinkedInmu. Atau teman organisasi, magang, dan siapa pun yang pernah satu project denganmu. 

6. Tambah terus Koneksi LinkedIn

Untuk memperluas jangkauan dan informasi di media sosial LinkedIn, kamu bisa meluangkan waktu setiap hari untuk menambah koneksi LinkedInmu. Sesuatu yang dianggap sederhana ini bisa jadi hal yang luar biasa nantinya jika kamu rutin melakukan hal ini. Tanpa terasa koneksi LinkedInmu sudah mencapai 500+. 

Tambahlah koneksi dengan para HR, orang-orang yang kamu kenal di dunia nyata, para profesional yang sebidang dengan yang kamu geluti saat ini, bangunlah koneksi seluas-luasnya. Koneksi yang semakin luas tentu saja akan memperbesar peluangmu untuk mendapat pekerjaan, memperoleh informasi lebih banyak, dan kesempatan baik lainnya. 

7. Bagikan Unggahan

Kamu juga bisa mengoptimasi LinkedIn dengan membagikan unggahan secara rutin. Bisa berupa opinimu tentang hal yang menarik dan mendukung profil pekerjaanmu di LinkedIn. Mulailah dengan hal-hal sederhana dan relevan dengan profilmu. Jika kamu rutin melakukan ini, seiring berjalannya waktu LinkedInmu akan terkoneksi dengan banyak orang. 

LinkedIn juga dilengkapi dengan fitur share dan komentar seperti media sosial lainnya. Jadi, siapa pun bisa melihat unggahan yang kamu tulis dan menyebarkannya ke dunia maya secara masif jika memang kontenmu menarik dan bermanfaat. Maka bagilah sesuatu yang positif di LinkedInmu. 

8. Manfatkan LinkedIn Story

LinkedIn memiliki fitur baru yang disebut LinkedIn Story. Kamu bisa mengoptimasi LinkedInmu dengan memanfaatkan fitur ini. Bagikan aktivitasmu di sana, hasil kerjamu atau bagikan inspirasi positif pada koneksimu. 

9. Aktif Memberikan Komentar Positif dan Menarik di Koneksimu

Salah satu hal yang dapat membantumu optimasi profil di LinkedIn adalah dengan aktif memberikan komentar pada unggahan yang dituliskan orang lain. Apalagi unggahan ini sangat relevan dengan profil LinkedInmu. Manfaatkan hal ini sebagai sebuah forum diskusi untuk saling berbagi informasi. 

Namun, yang perlu dicatat adalah jangan asal komentar. Profil LinkedInmu akan tampil di unggahan yang kamu komentari. Nah, gunakan kesempatan ini sebagai ruang untuk menyampaikan pengetahuan atau pengalaman yang relevan dengan profil pekerjaan yang kamu tekuni. Hal ini juga memperbesar peluang orang yang melihat komentarmu untuk melirik profil LinkedInmu. Siapa tahu salah satunya adalah para HR perusahaan. Bisa jadi undangan untuk bergabung dengan perusahaan impianmu juga akan datang dari sana. 

10. Apply Pekerjaan

Setelah mengoptimasi dari berbagai sisi di profil LinkedInmu, tentu saja kamu perlu mencoba untuk melamar pekerjaan di sini. Pekerjaan yang relevan dengan keyword yang kamu cantumkan biasanya akan muncul di bagian Jobs. Kamu bisa memanfaatkan platform ini untuk melamar kerja sesuai dengan passionmu. 

Yuk Buat Akun LinkedInmu!

Itu tadi beberapa tips untuk optimasi LinkedIn. Tentu saja kamu tidak mau ketinggalan update kan di dunia online? Apalagi hal ini sangat mendukung untuk perkembangan karirmu ke depan. Buat kamu para freshgraduate dan Job seeker wajib banget punya akun LinkedIn. Yuk buat akun LinkedInmu sekarang!

Semoga tips-tips yang dibagi di artikel ini sedikit membantu untuk membangun lebih banyak koneksi dan memperbesar peluang memperoleh pekerjaan. Semangat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *