Informasi terbaru dunia kampus, mahasiswa, beasiswa, lowongan dan karier

10 Tips Buat  Para Jobseeker  Biar Segera Dapat Kerja

Foto: istock/Artisteer

Sebuah dunia baru yang dihadapi ketika sudah lulus kuliah adalah kerja. Para freshgraduate pasti tahu bagaimana rasanya belum dapat kerja setelah lulus. Bingung harus mulai dari mana, apalagi belum ada pengalaman kerja sebelumnya. 

Welcome to the new world, saatnya menghadapi dunia yang sesungguhnya. Pandemi Covid-19 yang telah terjadi hampir 3 tahun ini turut merubah pandangan dalam dunia kerja. Era baru yang membuat semua orang beradaptasi dengan perubahan baru di tahun-tahun yang sulit ini.

Tetapi tenang, para freshgraduate dan job seeker yang masih bingung bagaimana caranya biar segera dapat kerja sekarang, ada tips dari ngampus.org buat kamu. Semoga sedikit membantu dan menjawab kebingunganmu. Mari kita gali satu per satu tips berikut ini.

1. Ikuti Kegiatan Magang/internship

Kegiatan magang bisa banget untuk membuka wawasan kamu tentang dunia kerja. Setidaknya di sini kamu akan belajar untuk bertanggung jawab terhadap setiap project yang dijalankan. Melatih kamu untuk bekerja sama dengan tim, belajar hal baru yang relevan dengan karirmu ke depan, membangun relasi. Bahkan kamu juga bisa belajar buat interview kerja saat seleksi internship dilakukan. 

Tak jarang, saat ini ada banyak paid internship yang ditawarkan oleh perusahaan atau start up. Hitung-hitung bisa buat uang jajan atau beli paketan. Kamu bisa melatih manajemen waktu dan tools baru buat mengasah potensimu di situ. Manfaatkan jejaring yang sudah terkoneksi selama internship berlangsung. Sambil menunggu panggilan kerja, program intership ini pasti akan lebih bermanfaat buat kamu. 

2. Membangun Jejaring

Kamu bisa memanfatkan jejaring yang telah kamu buat misalnya dulu di organisasi kampus, teman kuliah, alumni-alumni untuk bertukar informasi terkait dunia kerja. Kamu juga bisa meminta tips-tips dari mereka yang sudah terjun di dunia kerja untuk bekal kamu mempersiapkan diri. Kompetensi apa yang harus kamu kuasai? Misalnya demikian. Kamu bisa menemukan mentor yang tepat dari orang-orang terdekat yang bisa membimbingmu melalui dunia baru yang sedang kamu hadapi ini. 

Semakin luas jejaring yang kamu miliki, semakin banyak informasi yang kamu dapatkan. Ini bukan hanya soal dunia kerja, apapun yang selaras dengan apa yang ingin kamu kerjakan. Rezeki juga bisa datang dari mana saja bukan? Inilah salah satu keuntungan saat kamu berhasil membangun jejaring dengan banyak orang. Dan hal-hal positif yang lainnya. 

3. Mengikuti Job Fair

Salah satu tanda kamu tidak berhenti berusaha adalah dengan melihat segala peluang yang ada. Job Fair menjadi tempat para job seeker dan freshgraduate untuk menunjukkan diri. Kamu bisa memanfaatkan peluang ini untuk mencari perusahaan impianmu. 

Persiapkan CV dan portofolio yang baik dan menarik, tampil percaya diri, latih cara berkomunikasi, dan buat HR perusahaan berkesan dengan kemampuan yang kamu miliki. Semoga salah satunya menjadi tempat kamu untuk belajar hal baru di dunia kerja ya 🙂

4. Perbarui Profil Profesional di Media Sosial

Tips biar dapat kerja berikutnya adalah dengan mengupdate informasi yang ada di media sosialmu. Jangan salah lho, media sosial bisa menjadi tempat buat portofolio onlinemu. Menunjukkan siapa dirimu, dan tak jarang ada HR yang tertarik dengan apa yang kamu tuliskan dan tawarkan di media sosial. Mereka akan dengan senang hati menghubungimu. 

Perbarui profil media sosial menjadi profesional. Di linked in misalnya. Kamu bisa tampilkan foto yang sesuai, update isinya, tonjolkan passion dan kemampuanmu., tuliskan pengalaman yang relevan dengan pekerjaan impianmu. Keyword yang tepat juga akan membantumu terhubung dengan para HR yang mencari para job seeker. Jadi jangan lewatkan kesempatan emas ini ya. Bangun terus jejaring di media sosial. Semoga kamu menemukan pekerjaan yang kamu impikan. 

5. Coba daftar freelance

Ada banyak aplikasi dan situs yang bisa kamu coba sembari menunggu interview kerja. Selain apply ke perusahaan, kamu juga bisa mencoba situs freelance yang sesuai dengan passionmu. Kamu yang suka menulis, desain grafis, suka dunia media sosial, dan lain-lain, kamu bisa coba mendaftarkan diri di situs freelance, baik yang dari Indonesia maupun luar negeri. 

Misalnya saja ada freelancer, sribulancer, upwork, projects.co.id, fiverr, superprof, PeoplePerHour, Fastwork, Guru, Toptal, dan lain-lain. Informasi lengkap terkait situs ini, kamu bisa cek artikel ini “11 Situs Freelance untuk Mahasiswa Biar Tambah Cuan.”

6. Perbarui CV dan Portofoliomu

Hal yang penting biar kamu segera mendapat panggilan kerja dari perusahaan impian, coba cek CV dan portofolio yang kamu buat. Selalu update dengan pengalaman baru yang kamu lakukan. CV dan portofolio mewakili siapa dirimu untuk dilihat oleh perusahaan. Apakah kamu capable dengan pekerjaan yang kamu lamar dengan kemampuanmu? Maka dari itu kamu perlu membuat CV dan portofoliomu dilirik oleh HRD.

7. Ikuti Career Class

Ada banyak pelatihan online yang bisa kamu ikuti untuk mengasah skill dan menemukan passionmu. Dengan memanfaatkan waktu menunggu panggilan wawancara, kamu bisa mengikuti beberapa career class yang relevan dengan pekerjaanmu maupun kemampuanmu.   

Biasanya di dalam pembelajaran di career class, kamu juga akan diajarin bagaimana caranya membuat cv sampai tips wawancara kerja. Jadi manfaatkan waktu dan peluang untuk memperoleh pekerjaan impianmu. Jangan sampai membuang-buang waktumu dan tidak melakukan sesuatu. 

8. Ikuti Walk in Interview

Beberapa perusahaan terkadang membuka lowongan walk in interview. Jadi, kamu bisa langsung ke tahap wawancara pada hari itu juga di perusahaan yang kamu lamar. Kamu tinggal mempersiapkan persyaratan yang diminta dan datang menemui HRD untuk wawancara. Pastikan kesan pertama yang baik, disiplin dan attitude selama wawancara dijaga. 

9. Daftar Lowongan Kerja di Situs Online

Tips berikutnya biar kamu segera dapat kerja adalah daftarkan dirimu di situs kerja online. Selain freelance, beberapa perusahaan juga membagikan informasi lowongan kerja secara online. Baik melalui media sosial resmi mereka maupun situs lowongan kerja. 

Namun, sebelum itu pastikan dulu apakah lowongan kerja yang kamu lamar itu resmi dari perusahaan yang memang membuka perekrutan karyawan baru atau bukan. Sekarang banyak sekali lowongan kerja yang berkedok penipuan. Jangan sampai kamu mengeluarkan uang dan belum tentu dapat pekerjaan. 

10. Tetap Berdoa dan Berusaha Mencoba Setiap Peluang

Menemukan pekerjaan yang tepat tidak selalu mudah kawan. Butuh proses dan waktu yang tidak sebentar. Ada yang langsung mendapatkan pekerjaan, ada yang masih berjuang, ada yang sudah dapat tetapi kurang nyaman dengan tempat kerjanya. Ya setiap orang punya strugglenya masing-masing. Tetap berdoa meminta kemudahan dalam perjuangan memperoleh pekerjaan. Dan tentu saja terus semangat untuk mencoba berbagai peluang untuk dapat kerja. 

Yap, itu tadi beberapa tips buat para freshgraduate dan job seeker biar segera dapat kerja. Tetap semangat ya! Semoga kamu dan para pencari kerja di mana pun berada segera memperoleh jawaban dari doa dan perjuanganmu menjemput rezeki. Keep fighting 🙂

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *