Informasi terbaru dunia kampus, mahasiswa, beasiswa, lowongan dan karier

 5 Cara Supaya CV Menarik dan Dilirik HRD, Lakukan Ini!

cv menarik

Sudah melamar kerja di mana-mana tapi tak kunjung ada panggilan? Salahnya di mana? Nah, barangkali kamu pernah berpikiran tentang hal yang sama, terutama para jobseeker yang masih berjuang mendapatkan pekerjaan impiannya. Salah satu hal yang perlu kamu cek adalah CV. Apakah CV mu sudah menarik? Poin ini juga menjadi penting lho untuk HRD (Human Resource Development).

Bayangkan jika ada banyak CV yang masuk di suatu perusahaan, dan para HRD harus memilih beberapa kandidat saja dari semua pelamar kerja. Terkadang mereka hanya membutuhkan waktu 10 detik untuk menilai CV sesuai dengan ketentuan dan layak untuk dipanggil wawancara atau tidak. Jadi, kalau CV mu tidak menarik, bagaimana mereka akan melirik? Maka kamu perlu membuat CV mu lebih ciamik.

Pertanyaan selanjutnya, bagaimana membuat curriculum vitae yang menarik dan dilirik HRD? Nah, kamu berada di artikel yang tepat. Buat para jobseeker, freshgraduate, dan para pejuang yang ingin memperoleh kesempatan mendapatkan pekerjaan impian, yuk kumpul sini. Berikut beberapa tips yang bisa kamu coba untuk memperbaik CV mu agar lebih menarik. Langsung saja kita bahas satu per satu.

1.       Buatlah CV yang singkat, padat, dan jelas

Ini salah satu kuncinya. CV yang kamu buat tidak perlu terlalu bertele-tele. Tuliskan dan cantumkan keterangan yang perlu saja. Beberapa hal yang bisa kamu cantumkan di CV:

  • Identitas diri (nama, alamat, nomor telepon, email)
  • Pendidikan (pendidikan terakhirmu, jurusan, dan IPK)
  • Personality (gambaran singkat tentang dirimu, karaktermu)
  • Keterampilan (softskill, hardskilll)
  • Pengalaman kerja, magang, pelatihan (Masukkan yang dapat menambah nilai dirimu. Sesuaikan dengan pekerjaan yang dilamar)

Nah, buat penulisannya secara singkat, padat, dan jelas. Kalau bisa CV mu cukup 2 halaman saja maksimal. Desain yang sederhana namun tetap menarik. Pilihlah desain yang mendukung tulisan yang kamu cantumkan di sana. HRD akan lebih nyaman dengan CV yang bisa dibaca dengan jelas.

2.       Pilihlah Kata-Kata yang Powerful agar CV mu menarik

Penting juga untuk memperhatikan kata-kata yang kamu gunakan dalam CV. Menurut Top Universities dalam tulisannya “7 simple but effective ways to Make Your CV Stand Out”, kesan pertama sangat penting untuk kesuksesan seseorang. Makanya, CV mu juga harus powerful.

Dan 7 cara biar CV mu lebih powerful tersebut, kamu bisa coba poin-poin berikut ini:

  1. Mulai tuliskan kesan yang kuat tentang dirimu
  2. Tekankan hasil dari pada tanggung jawab terkait dengan apa yang sudah kamu kerjakan
  3. Sesuaikan informasi yang kamu tuliskan dengan pekerjaan yang dilamar
  4. Highlight perubahan dan pertumbuhan yang telah kamu lakukan selama ini. Kamu telah berproses banyak di masa lalu, jelaskan hal itu.
  5. Tunjukkan bahwa kamu terkoneksi, jaringan yang kamu buat di masa lalu akan sangat dihargai oleh HRD. Menunjukkan keterampilan komunikasi yang kamu miliki.
  6. Tunjukkan pengetahuan dan pengalaman kerja yang relevan dengan posisi yang kamu lamar
  7. Gunakan kata-kata yang powerful, tekankan pencapaian dan dampak tambahan dari CV mu terhadap perusahaan.

3.       Gunakan Font Profesional

Poin 1 dan 2 telah membahas tentang substansi isi dari CV. Nah poin  3 ini juga nggak kalah penting. Font yang kamu gunakan perlu diperhatikan, jangan hanya karena bagus dan nyeni kamu pilih font tersebut. Justru dengan hal itu akan menyulitkan HRD untuk membaca CV mu.

Jenis font yang aman dan lebih terkesan profesional, kamu bisa gunakan font Times New Roman, Arial, atau Calibri. Font ini yang sering digunakan dalam membuat CV. Jadi tampilan CV mu lebih menarik, isinya juga ciamik, peluang dan kesempatan semakin besar untuk HRD melirik.

4.  Siapkan CV ATS Friendly dan CV Kreatif

CV ATS friendly adalah sebuah CV yang formatnya bisa terbaca oleh teknologi yang disebut dengan Aplicant Tracking System (ATS). Dengan adanya teknologi ini sangat membantu para HRD atau recruiter untuk melakukan screening terhadap CV. Sehingga prosesnya jauh lebih cepat. Beberapa perusahaan telah menggunakan sistem ini untuk proses seleksi tenaga kerjanya. Apalagi perusahaan yang melakukan perekrutan secara besar-besaran, kemungkinan akan menggunakan ATS untuk proses screening.

Sedangkan untuk CV kreatif ini tujuan pembuatannya adalah untuk menarik perhatian recruiter dengan format CV yang out of the box. Jadi kamu bisa bebas berkreasi apa saja dengan tampilan CV. Tidak perlu memperhatikan apakah CV mu akan terbaca oleh sistem atau tidak. CV kreatif adalah hasil dari kreativitasmu dalam menuangkan siapa dirimu sebenarnya sekreatif mungkin. Karena tujuanmu adalah menarik para HRD untuk melirik karena CV mu terlihat “berbeda” dari yang lain.

Kapan harus menggunakan CV ATS friendly dan CV kreatif? Sebenarnya kamu tidak perlu membuat dua CV ini sekaligus jika kamu tahu pekerjaan spesifik apa yang ingin kamu lamar.  Jadi, tergantung dengan bidang pekerjaan dan perusahaan yang kamu lamar.

Jika kamu melamar di suatu perusahaan besar yang kemungkinan telah menggunakan sistem ATS, kamu bisa submit CV ATS friendly pada perusahaan tersebut. Misalnya di BUMN, Perusahaan swasta, dan lain-lain. Antisipasi agar CV mu terbaca oleh sistem. Jika persyaratannya menyebutkan boleh menggunakan CV kreatif, kamu bisa coba membuatnya.

Nah, untuk CV kreatif sendiri, kamu bisa membuatnya jika ingin melamar sebuah pekerjaan di posisi seperti tim kreatif, animator, desain grafis, penulis, dan lain-lain. Jadi buatlah sesuai kebutuhan.

5. Gunakan Foto di CV yang Menarik dan Profesional

Salah satu hal yang penting selanjutnya adalah foto yang kamu tampilkan di CV. Hal ini juga akan memberi kesan yang baik kepada HRD. Jangan sampai kamu melampirkan foto selfie yang terkesan tidak profesional. Alangkah baiknya kamu menggunakan jasa foto studio atau seorang profesional untuk mengambil foto. Bangunlah first impression yang baik dari foto yang kamu lampirkan di CV agar lebih terkesan profesional.  

Demikian tadi 5 tips yang bisa kamu coba untuk meningkatkan peluang dan kesempatan CV mu menarik dan dilirik oleh HRD. Selagi kamu terus berdoa dan berusaha, yakinlah bahwa pekerjaan impianmu akan segera kamu dapatkan. Terus semangat untuk menemukan jalan-jalan yang mengantarmu pada kesuksesan.

Memperbaharui CV agar terlihat menarik adalah salah satu usaha baik yang sudah kamu lakukan. Terus asah potensi dan kemampuan diri untuk dunia kerja yang akan kamu hadapi ke depan. Kamu juga bisa mengikuti berbagai kelas-kelas online maupun pelatihan yang dapat mempercantik Cvmu. Tetapi yang paling penting adalah kamu terus berprogres melakukan perbaikan setiap harinya.

Tetap semangat jobseeker.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *